Ahok: Rusun Daan Mogot untuk yang Tak Punya Rumah

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta -- Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama 'Ahok' melarang orang yang tergolong mampu untuk menghuni rusun Daan Mogot. Mereka yang sudah berpenghasilan layak dan memiliki tempat tinggal tidak diperkenankan menempati unit yang bakal rampung 9 bulan lagi. "Rusun ini (Daan Mogot) cuma untuk yang tidak punya rumah," katanya di Daan Mogot, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2013.

Menurut Ahok, pemerintah bakal memasang persyaratan sebagai penghuni rusun Daan Mogot. Masyarakat secara terbuka dapat mengetahui kriteria yang tepat untuk bisa mengisi salah satu dari 640 unit yang ada. Hal itu juga disebutnya sebagai salah satu model pengawasan yang efektif guna menghindari jual beli unit.

"Jadi biar bersama-sama warga mengawasi pengisian rusun tersebut," ujar dia. Otomatis, kata Ahok, pengawasan itu bakal mendeteksi aksi para calo yang kerap memperjualbelikan unit.

Nantinya pemerintah disebut Ahok bakal secara berkala mengawasi para penghuninya. Mereka yang dinilai sudah mampu bakal diminta mengembalikan rusun agar tujuan pembangunannya tepat sasaran. "Biar DKI punya stok rumah untuk orang yang belum beruntung," ujar dia.

Selain tempat tinggal, pemerintah juga nantinya bakal melakukan pemutihan bagi warga yang tinggal di rusun tersebut. Tujuannya agar identitas mereka menjadi jelas dan terdata secara rapi.

Ahok pun bakal menyiapkan lokasi berjualan di sekitar rusun agar mampu menggerakkan perekonomian di kawasan rusun tersebut. Pemutihan itu juga disebutnya bakal berlaku bagi pedagang yang membuka usaha di kawasan rusun itu. "Jadi biar Jakarta bisa menjadi kota yang modern dan rapi," katanya.

Rencananya, pemerintah juga menargetkan bisa membangun 50 unit rusun tahun. Dia juga bakal mengajak pengembang untuk memenuhi janjinya membangun rusun untuk warga kelas bawah di Jakarta. "Memang mereka membantah tapi setelah ada buktinya mereka bersedia kan akhirnya," ujar dia.

Kerjasama dengan pengembang, kata Ahok, sengaa dilakukan agar fisik rusun bisa selesai dengan cepat. Alasannya, swasta tidak memerlukan lelang sebelum proses pengerjaam dimulai. "Seperti Daan Mogot ini, kalau pakai lelang bisa satu setengah tahun, tapi karena kerjasama dengan swasta cukup 9 bulan saja," ujar dia.

DIMAS SIREGAR

Terhangat:
HUT Jakarta | Ribut Kabut Asap | Koalisi dan PKS | Demo BBM

Baca juga:

Ini Bukti SMS Kasus Cebongan Terencana
Cara Jokowi-Ahok Taklukkan Wakil Rakyat
Ini Masukan Radja Nainggolan untuk Timnas U-23
Perkosa 11 Gadis, Politikus Dieksekusi di Cina


Anda sedang membaca artikel tentang

Ahok: Rusun Daan Mogot untuk yang Tak Punya Rumah

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/06/ahok-rusun-daan-mogot-untuk-yang-tak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ahok: Rusun Daan Mogot untuk yang Tak Punya Rumah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ahok: Rusun Daan Mogot untuk yang Tak Punya Rumah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger