Ini Pekerjaan Rumah Kepala Transjakarta Baru

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 09.35

TEMPO.CO , Jakarta-Kalangan pengamat transportasi memberi pekerjaan rumah kepada Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Pargaulan Butar Butar. Mantan Kepala Unit Pengelola Teknis Bus Sekolah ini menggantikan Muhammad Akbar yang dipindah menjadi Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat.

"Pertama adalah perbaikan kondisi bus," kata Direktur Institute for Transportation and Development Policy Indonesia Yoga Adiwinarto ketika dihubungi pada Kamis, 20 JUni 2013. Yoga mengatakan masalah ini menjadi krusial mengingat jumlah bus di lapangan kerap menjadi sorotan.

Terkadang ada laporan bahwa bus mogok dan rusak. Bahkan beberapa waktu lalu sebuah bus Transjakarta terbakar di Halte Harmoni. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Sehingga, menurut Yoga, Kepala BLU yang baru harus bisa mengontrol kondisi bus. Sehingga masyarakat tidak mengeluh seperti pendingin yang mati atau ada laporan bus mogok. "Kepala BLU yang baru punya kapasitas mumpuni dalam hal teknis," katanya.

Berikutnya adalah kontrak operator dengan Transjakarta. Menurut Yoga, Transjakarta harus lebih tegas dalam menekan operator dalam memenuhi stadar minimal pelayanan Transjakarta.

Senada dengan Yoga, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit, harus bisa mengelola bisnis dengan baik antara BLU dengan operator. Apa lagi, menurut Guru Besar Transportasi Universitas Gadjah Mada ini, banyak pihak yang ikut memanfaatkan busway.

"Lihat saja bus pengumpan dan kopaja integrasi Transjakarta," kata Danang. Sehingga, Danang melanjutkan, perlu kontrak yang mengikat dan menguntungkan ke dua belah pihak.

Danang menyoroti evaluasi tahunan Transjakarta di mana jumlah target volume operator selalu meleset. Efeknya, dia melanjutkan, jumlah penumpang Transjakarta menurun.

Dalam hal ini, Danang menambahkan reformasi mengubah BLU menjadi Badan Usaha Milik Daerah perlu didorong. Sehingga Transjakarta bisa memanfaatkan segala potensi yang melekat.

SYAILENDRA

Terhangat:
HUT Jakarta | Ribut Kabut Asap | Koalisi dan PKS | Demo BBM

Baca juga:

Ini Bukti SMS Kasus Cebongan Terencana
Cara Jokowi-Ahok Taklukkan Wakil Rakyat
Ini Masukan Radja Nainggolan untuk Timnas U-23
Perkosa 11 Gadis, Politikus Dieksekusi di Cina


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Pekerjaan Rumah Kepala Transjakarta Baru

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/06/ini-pekerjaan-rumah-kepala-transjakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Pekerjaan Rumah Kepala Transjakarta Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Pekerjaan Rumah Kepala Transjakarta Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger