Digusur, Sekolah Master di Depok Galang Dana

Written By Unknown on Rabu, 17 Juli 2013 | 09.36

Seorang guru memberikan arahan kepada para siswa Sekolah Dasar kelas 1 ketika mengikuti Orientasi Sekolah di SD Negeri 01 Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta, Senin (15/7). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Rencana relokasi mengancam, pengelola Sekolah Master (Masjid Terminal) di Depok membuka pundi donasi. Caranya pun unik dan praktis. Melalui proyek Kita Bisa: #SaveMaster lewat internet, sekolah menargetkan donasi sebesar Rp 100 juta.

"Kami mengajak saudara untuk membantu kelangsungan dan kelancaran kegiatan Master lewat donasi," ujar Muhamad Anggraito dalam profil proyeknya. Dana itu akan digunakan untuk membangun fasilitas sekolah di lahan baru yang tak terkena lahan gusuran Pemerintah Kota Depok. (Lihat: Sekolah Master di Depok Bakal Digusur)

Anggraito adalah mahasiswa Universitas Indonesia yang menggagas donasi publik ini. "Ini telah disetujui Pak Nurrohim (penggagas Sekolah Master)," ujar ia dalam situs tersebut.

Saat ini, Sekolah Master berada di terminal terpadu Depok. Pemerintah Kota mencanangkan revitalisasi terminal tersebut. Dampaknya, lahan sekolah akan tergusur.

Pihak sekolah ingin bertahan. Berbagai cara dilakukan. Opsinya adalah bertahan di tempat yang mereka tempati sekarang atau pindah ke lahan lain tak jauh dari tempat itu. Opsi pertama dilakukan gencar melalui media sosial Twitter. Tagar #SaveMaster hilir mudik di lini masa. Isi cuit-cuitnya mendukung agar sekolah gratis untuk anak jalanan itu tak tergusur.

Opsi kedua adalah cara unik yang digagas Muhammad Anggraito ini. Mengajak masyarakat terlibat agar Sekolah Master siap bila suatu saat harus digusur.

Cara ini disebut unik karena memungkinkan masyarakat untuk menyumbang minimal 50 ribu. Setiap penyumbang nantinya akan mendapat ucapan terima kasih dari anak-anak Sekolah Master lewat situs Youtube.

Semakin besar sumbangan, semakin banyak yang akan mereka dapatkan sebagai hadiah. Misal, penyumbang Rp 10 juta atau lebih akan mendapat hadiah komplit ucapan terima kasih, gelang, stiker, kaos, kartu pos #SaveMaster, kartu ucapan terima kasih tulisan tangan Sekolah Master, dan pencantuman nama di tugu daftar donatur di tempat relokasi baru.

Sumbangan dinanti hingga 31 Oktober 2013. Saat ini baru terkumpul Rp 12 juta dari target Rp 100 juta. Masih ada 115 hari lagi untuk ikut terlibat dalam proyek ini. Jika tertarik, situsnya bisa diakses di KitaBisa.co.id/project/139.

M. ANDI PERDANA

Terhangat:
Hambalang  | Bursa Capres 2014 | Liverpool di GBK

Baca juga:

Dahlan Iskan Minta Investasi Yusuf Mansur Ditutup
Sutradara Despicable Me Ternyata Anak N.H. Dini
Yusuf Mansur Bantah Investasi Miliaran di Mekah
Jokowi: Nama Saya Siapa? Anak Kecil: Sukowi!


Anda sedang membaca artikel tentang

Digusur, Sekolah Master di Depok Galang Dana

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/digusur-sekolah-master-di-depok-galang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Digusur, Sekolah Master di Depok Galang Dana

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Digusur, Sekolah Master di Depok Galang Dana

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger