Menjelang Lebaran, Terminal Grogol Diaktifkan

Written By Unknown on Senin, 22 Juli 2013 | 09.35

TEMPO.CO , Jakarta:Terminal Grogol di Jalan Kyai Tapa, Jakarta Barat, sudah dua tahun terakhir absen dari aktivitas arus mudik Lebaran. Namun, mulai tahun ini, terminal yang terletak di depan Universitas Trisakti, Grogol Petamburan, itu diaktifkan kembali. "Terminal ini buka non-stop melayani pemudik mulai H-7 sampai H+7 Lebaran," kata Kepala Terminal Grogol, Dominggus Akyuwen, kemarin.

Dengan kebijakan ini, bus-bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) diperbolehkan keluar-masuk terminal ini. Selama ini pemudik di wilayah Jakarta Barat hanya dilayani di Terminal Kalideres. Rupanya, terminal itu tak sanggup melayani lonjakan jumlah pemudik. Dominggus menjelaskan, Terminal Grogol, yang ditutup untuk bus AKAP sejak dua tahun lalu karena menjadi biang macet, terpaksa diaktifkan kembali.

Agar masalah itu tak terulang, petugas melarang armada bus ngetem di sembarang tempat dan memberi waktu 15 menit bagi bus yang menunggu penumpang di dalam terminal. "Untuk menghindari panjangnya antrean bus," ujarnya.

Pembukaan kembali Terminal Grogol untuk bus antar-provinsi itu disambut gembira warga. Supardi, 40 tahun, warga Palmerah, adalah salah satunya. Dia berencana pulang kampung ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui terminal tersebut. "Daripada jauh-jauh ke Terminal Kalideres, lebih dekat naik dari Grogol," ujarnya. Terminal Kalideres berjarak sekitar 10 kilometer sebelah barat Grogol.

Senada dengan Supardi, Miftah Huda, 28 tahun, warga asal Jember, Jawa Timur, mengatakan lebih efisien jika naik bus melalui Terminal Grogol. "Lebih cepat masuk jalan tol ke arah Cikampek sekaligus menghindari macet yang sering terjadi di daerah Pesing," katanya.

Kepala Terminal AKAP Kalideres, Hengki Sitorus, mengatakan jumlah penumpang di terminal yang dikelolanya akan berkurang dengan aktifnya Terminal Grogol. "Pengurangannya sekitar 5-10 persen," katanya. Tahun lalu, jumlah penumpang yang naik bus dari Terminal Kalideres sebanyak 70 ribu orang.

Menghadapi arus mudik Lebaran, Hengki menjelaskan ada lebih dari 200 armada dari 60 perusahaan otobus yang terdaftar. Selain itu, akan ditambah 150 armada tambahan.

Pemerintah Jakarta kini juga sedang membenahi Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Ruang tunggu yang bocor dan kusam diperbaiki dan dicat. "Supaya lebih nyaman menunggu bus," kata petugas tata usaha Terminal Pulogadung, Ida Rohaida.

Di sana juga didirikan posko kesehatan, tes urine, pengujian kendaraan bermotor, dan kelaikan jalan. Menurut Ida, posko tersebut mulai beroperasi pada H-7. Pada Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengerahkan 1.425 petugas untuk memfasilitasi perjalanan 8.283 bus yang mengangkut pemudik.

Menghadapi Lebaran, Kepala Kepolisian Sektor Ciracas Komisaris Suwanda mewanti-wanti para pemudik untuk mewaspadai tiga modus kejahatan yang sering terjadi di terminal bus. Pertama, kejahatan dengan modus menawarkan minuman atau makanan; kedua, menghipnosis korban; dan ketiga, pencopetan. "Calon penumpang harus berhati-hati dan tetap waspada," ujarnya.

MUHAMMAD MUHYIDDIN | TIKA PRIMANDARI | ANGGRITA DESYANI | AFRILIA SURYANIS
Terhangat:
Bentrok FPI | Bisnis Yusuf Mansyur | Aksi Liverpool di GBK

Terpopuler:
Pedagang Tenabang: Ahok Jangan Terlalu Kejamlah!
FPI Merasa Dikesankan Jadi Musuh Warga 
'Perang Badar' KPK di Kasus Hambalang 
DPR: Polisi Jangan Jadi Beking FPI  


Anda sedang membaca artikel tentang

Menjelang Lebaran, Terminal Grogol Diaktifkan

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/menjelang-lebaran-terminal-grogol.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menjelang Lebaran, Terminal Grogol Diaktifkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menjelang Lebaran, Terminal Grogol Diaktifkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger