Puncak Mudik TKI di Soekarno Hatta H-5 Lebaran

Written By Unknown on Rabu, 31 Juli 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Tangerang- Kepala Balai Pelayanan Kepulangan TKI Soekarno Hatta, Komisaris Besar Rolly Laheba, mengatakan puncak arus mudik Tenaga Kerja Indonesia pada lebaran tahun ini diperkirakan bakal terjadi pada H-5 atau Sabtu 3 Agustus 2013 mendatang.

"Seperti tahun tahun sebelumnya puncak arus mudik TKI terjadi pada H-5 lebaran," kata dia kepada Tempo, Rabu 31 Juli 2013. Jika pada tahun-tahun sebelumnya pada puncak arus mudik TKI mencapai 2500 hingga 3000 orang, pada arus mudik lebaran tahun ini Rolly tidak bisa memprediksi.

Ia mengaku pesimistis, jika jumlahnya akan membludak seperti pada lebaran sebelumnya. "Tahun ini sangat berbeda, karena terjadi penurunan drastis TKI yang pulang melalu Balai Pelayanan Kepulangan TKI," kata dia.

Menurut Rolly, H-5 yang jatuh pada hari Sabtu memang waktu yang tepat bagi para TKI yang bekerja di luar negeri dan tiba di Soekarno Hatta. "Karena pada hari Minggu atau Senin-nya mereka sudah tiba di kampung halamannya," kata dia.

Meski jumlah pemudik TKI turun drastis, menurut Rolly, pihaknya tidak akan menurunkan standar pelayanan dengan mengurangi petugas. "Kerja petugas kami tetap maksimal dalam kondisi apapun,"katanya.

Menurut dia, keberadaan Balai Pelayanan dan Kepulangan TKI yang berada di Selapajang, Kota Tangerang akan tetap ada meski tidak ada TKI yang pulang melalui lembaga di bawah naungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

"Karena tugas kami bukan hanya mendata dan melayani kepulangan TKI, tapi kami juga mengurusi TKI TKI bermasalah, pengaduan seputar TKI," kata dia. Bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri bagi para TKI memang saatnya untuk pulang dan berkumpul dengan keluarga di kampung halamannya.

"Karena kita bekerja berbulan-bulan bahkan bertahun tahun, saat lebaran lah yang tepat untuk pulang,"kata Atiyah, TKI asal Bima saat ditemui Tempo Balai Pelayanan Kepulangan TKI Bandara Soekarno Hatta.

Apalagi, kata Atiyah, yang telah dua tahun bekerja di Arab Saudi ini, pada bulan Ramadan orang Arab tidak tidur sehingga aktifitas para pembantu rumah tangga juga tidak berhenti. "Bayangkan jika kami harus bekerja siang dan malam, kan lebih baik kita pulang kampung," kata dia.

Hal inilah, kata Atiyah, yang menjadi alasan kuat para TKI yang bekerja di Timur Tengah berbondong-bondong mengajukan permintaan pulang kepada majikannya. "Rombongan saya ada ribuan, bahkan pesawat yang saya tumpangi semuanya TKI," kata dia, yang mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu siang 30 Juli 2013.

JONIANSYAH


Anda sedang membaca artikel tentang

Puncak Mudik TKI di Soekarno Hatta H-5 Lebaran

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/puncak-mudik-tki-di-soekarno-hatta-h-5.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puncak Mudik TKI di Soekarno Hatta H-5 Lebaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puncak Mudik TKI di Soekarno Hatta H-5 Lebaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger