Tiga Titik Jalan Amblas Jalur Sumedang-Cirebon

Written By Unknown on Senin, 29 Juli 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta-Sumedang - Perbaikan bahu jalan amblas di tiga titik jalur tengah Bandung-Sumedang-Kadipaten-Cirebon belum rampung pada H-10 Lebaran yang jatuh pada Senin 29 Juli 2013. Begitupun pembetonan jembatan di jalur alternatif Sumedang-Tasikmalaya.

Berdasarkan pantauan Tempo, perbaikan empat bahu jalan dan betonisasi jembatan tersebut masih dalam pengerjaan pada Ahad jelang petang 28 Juli 2013. Perbaikan bahu jalan yang amblas beberapa waktu lalu tersebut antara lain di bahu kiri Jalan Bypass Prabu Gajah Agung, Kota Sumedang.

Sedangkan dua titik amblas lainnya di bahu jalan Km 12 Sumedang arah ke Bandung dekat kantor Koramil Kecamatan Paseh dan di bahu kiri Jalan Raya Cikaraha Tomo Km 25 arah ke Cirebon. Adapun perbaikan jembatan adalah jembatan Cicapar lajur kiri Sumedang-Malangbong di Kecamatan Situraja.

Di area Bypass dan Paseh Sumedang Km 12, sebagian beberapa pekerja proyek tampak berjaga dan memasang barikade dengan rambu khusus beberapa meter sebelum dan sesudah titik perbaikan jalan.

Mereka menggilir arus dari arah berlawanan untuk bergantian melintasi jalur di depan area rehabilitasi. Di Paseh, salah satu penjaga mengacungkan ember kecil untuk menampung uang pemberian pengendara.

Kepala Polres Sumedang Ajun Komisaris Besar Eka Satria Bakti membenarkan perbaikan jalan dan jembatan di jalur mudik tengah dan alternatif selatan tersebut belum rampung. Padahal, kata dia, mestinya perbaikan sudah rampung pada H-10 besok.

"Perbaikan jalan yang amblas dan jembatan memang butuh waktu lebih lama ketimbang menambal jalan berlubang dan pembetonan,"ujar Eka saat dihubungi Ahad petang 28 Juli 2013. Namun begitu, kata dia, polisi berharap agar keempat perbaikan terus dikerjakan dulu hingga selesai.

"Kitu tidak bisa pada H-10, kami dorong sulu supaya pada saat Operasi Ketupat (pengamanan arus mudik) dimulai tanggal 2 Agustus (h-7) sudah bisa digunakan,"kata Eka. Namun kalaupun pada H-7 perbaikan belum rampung, ia memastikan jajarannya sudah menyiapkan kiat mengantisipasi hambatan arus mudik.

Salah satu kiat, dia mengatakan, adalah menempatkan beberapa anggota kepolisian dan rambu-rambu, bahkan kalau perlu mendirikan pos khusus, di sekitar titik-titik rawan macet tersebut. Para polisi ini kelak akan mengarahkan arus pemudik agar jalur tetap aman dan lancar dilalui.

"Nanti kami terapkan juga pengaturan dengan sistem buka-tutup jalur (sebelum dan sesudah lokasi) di situ dan penyaluran arus satu arah bergiliran untuk arus kendaraan menuju Cirebon dan arus ke Bandung,"kata Eka. "Yang penting arus pemudik bisa terus bergerak menuju tempat tujuan."

Selain di jalur Sumedang-Cirebon, perbaikan jalan juga masih dikerjakan di jalur tengah Sadang-Cikamurang-Cijelag. Pelapisan seluruh badan jalan hari ini tampak tengah dilakukan di Jalan Raya Cikamurang-Cijelag, Desa Kebon Cau Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang.

Di jalur menuju Cirebon, mesih banyak jalan yang berlubang dan bergelombang terutama menjelang beberapa kilometer menjelang ujung jalur di pertigaan Cijelag-Tomo. Salah satu yang cukup parah misalnya di jalan dekat SD Wanajaya, Ujungjaya.

ERICK P. HARDI



Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Titik Jalan Amblas Jalur Sumedang-Cirebon

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/tiga-titik-jalan-amblas-jalur-sumedang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Titik Jalan Amblas Jalur Sumedang-Cirebon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Titik Jalan Amblas Jalur Sumedang-Cirebon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger