Warga Tangerang Pilih Beli TV Ketimbang Bikin WC  

Written By Unknown on Selasa, 27 Agustus 2013 | 09.36

TEMPO.CO, Tangerang - Warga Kabupaten Tangerang ternyata lebih memilih membeli televisi daripada membangun fasilitas jamban atau toilet dirumahnya. Temuan ini terungkap dalam survei yang dilakukan International Urban Water and Sanitation Health (IUWASH), sebuah lembaga dari Amerika Serikat yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang belum lama ini.

"Ternyata 80 persen warga Kabupaten Tangerang memiliki televisi, daripada jamban dirumahnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini, kepada Tempo, Selasa 27 Agustus 2013. Survei tersebut dilakukan terhadap 5000 kepala keluarga secara acak di delapan kecamatan di 25 desa di Kabupaten Tangerang yang berada di wilayah banjir, miskin, padat penduduk, dan daerah aliran sungai.

Hasilnya, sebagian besar rumah penduduk memiliki televisi, tapi tidak memiliki sarana pembuangan. "Sebanyak 57 persen memiliki jamban keluarga, MCK hanya 9 persen, sisanya tidak memiliki jamban, tapi mereka hampir semuanya memiliki televisi," kata Naniek.

Studi kesehatan ini juga menyasar pola pikir dan pola hidup masyawarat seperti kebiasaan warga dalam hal buang hajat (air besar). Dalam studi sanitasi tahun 2012 ini juga terungkap, banyak warga yang memiliki jamban tapi tidak sehat, seperti tidak memiliki septic tank yang artinya kotoran langsung dibuang ke sungai, maish banyak warga yang buang hajat di kebun dan disungai, serta kebiasaan para ibu yang membuang popok bayi secara sembarangan.

Warga di Kampung Kelor, RT 01, Kecamatan Sepatan Timur misalnya. Untuk urusan buang hajat, masyarakat di kawasan itu memilih di kebon atau sungai daripada menggunakan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang dibangun pemerintah. Alhasil, bangunan MCK yang ada menjadi tidak terurus, dan terlihat bobrok dan usang.

Maryani 25 tahun, warga setempat tertarik menggunakan MCK tersebut untuk urusan buang hajat. "Kami lebih suka buang hajat di kebon atau di sungai," kata Maryani seraya tersipu malu. Menurutnya, kebiasaan tersebut sudah tradisi warga sekitar. "Kalau buang air di WC atau toilet, banyak yang tidak bisa terangsang atau sulit keluarnya."

JONIANSYAH

Topik terpopuler:
Rupiah Loyo | Konser Metallica | Suap SKK Migas | Pilkada Jatim

Berita lainnya:
Nonton Konser Metallica, Jokowi: Puaasss! 
Lurah Susan : Saya Hanya Menjalankan SK Gubernur 
Konvoi Jeep Mewah FPI Menuai Kritik di Twitter 
Debat di Instagram, Ani Yudhoyono Dinilai Sensitif
Ini Kata Ani Yudhoyono Soal Keaslian Fotonya


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Tangerang Pilih Beli TV Ketimbang Bikin WC  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/08/warga-tangerang-pilih-beli-tv-ketimbang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Tangerang Pilih Beli TV Ketimbang Bikin WC  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Tangerang Pilih Beli TV Ketimbang Bikin WC  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger