Buya Syafi'i Ma'arif: Beri Kesempatan Lurah Susan  

Written By Unknown on Senin, 30 September 2013 | 09.36

Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli saat menjawab pertanyaan wartawan di ruangannya, Jakarta (26/8). Lurah tersebut di tolak warga Lenteng Agung karena menganut agama yang berbeda dengan mayoritas warganya. Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafi'i Ma'arif, menganggap penolakan Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli adalah ulah dari kelompok kecil umat muslim yang menafsirkan agama secara subjektif. Menurut dia, Islam membolehkan umatnya dipimpin orang yang berbeda keyakinan.

"Harusnya (Lurah Susan) diberi kesempatan untuk memimpin, siapa tahu kinerjanya lebih hebat," kata Syafi'i saat ditemui di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad, 29 September 2013. Syafi'i mengatakan sebagai penduduk mayoritas, umat Islam seharusya dengan lapang dada menerima Susan yang beragama nasrani sebagai Lurah Lenteng Agung.

Kendati demikian, dia keberatan proses pemilihan Susan yang menggunakan mekanisme lelang jabatan. Syafi'i menginginkan kepala desa atau seorang pimpinan dipilih rakyatnya. "Kalau di Jawa harusnya dipilih. Enggak masalah persoalan agama," katanya.

Syafi'i mengatakan kasus intoleransi, seperti fenomena Lurah Susan, adalah akibat absennya pemimpin yang mempunyai keteladanan utuh. "Tidak ada keteladanan dari (pemerintah) puncak hingga ke bawah. Ini yang membuat orang berperilaku liar," katanya.

Buya Syafi'i pesimistis dengan keberadaan ulama yang mampu menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat. Dia menilai banyak ulama yang bermain-main dalam berdakwah. Dia mencontohkan, perilaku ulama yang sering bercanda dan mengeluarkan lelucon keterlaluan adalah contoh ketidakseriusan dalam menyampaikan pesannya.

ALI AKHMAD


Anda sedang membaca artikel tentang

Buya Syafi'i Ma'arif: Beri Kesempatan Lurah Susan  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/09/buya-syafii-maarif-beri-kesempatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buya Syafi'i Ma'arif: Beri Kesempatan Lurah Susan  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buya Syafi'i Ma'arif: Beri Kesempatan Lurah Susan  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger