Jakarta Siapkan Konsep Kaki Lima Urban

Written By Unknown on Selasa, 17 September 2013 | 09.36

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok meninjau lokasi tes uji kompetensi seleksi dan promosi jabatan lurah dan camat DKI di SMA 1, Jakarta, (27/4). Kedatangan Ahok untuk memberi semangat pesertates. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO , Belitung:Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menata pasar dan pedagang kaki lima yang tumpah ruah di sejumlah titik di Ibu Kota. Salah satu hasilnya adalah penataan Pasar Blok G Tanah Abang untuk ditempati pedagang kaki lima yang sebelumnya menjajah jalan raya.

Tetapi, pedagang kaki lima tak hanya tersebar di area sekitar pasar. Jalan protokol seperti Jalan Jenderal Sudirman tak luput dari lapak-lapak mereka. Di depan Kampus Atmajaya, dekat Jembatan Semanggi, Jakarta Pusat pada malam hari, trotoarnya semarak dengan harum dagangan tukang nasi goreng, bakso, hingga sate padang.

Pembelinya dari yang berkantong cekak sampai karyawan dan karyawati dengan dandanan perlente ada di sana.  Tersebarnya pedagang kaki lima ini ditangkap sebagai potensi bisnis kuliner di jantung ibu Kota oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Karena itu, Ahok sudah menyiapkan konsep kaki lima urban. "Saya sudah dua kali bertemu dengan Dani Isworo, arsitek dari ITB (Institut Teknologi Bandung) yang punya pengalaman seputar desain urban," katanya di tengah obrolan santai dengan wartawan di kampung halamannya di Belitung, Ahad, 15 September 2013.

Awalnya, gedung-gedung di Jakarta perlu dibuat tak berpagar. "Di antaranya akan dibuat plasa yang bagus supaya pedagang bisa berjualan sampai malam," katanya. Pekerja di sekitar gedung perkantoran pun untung karena bisa berjalan di tempat terang dan tetap ramai oleh pedagang, meski pada malam hari.

Rencana itu, kata Ahok, meniru konsep serupa di Singapura. "Soalnya di sana aturannya sudah benar," ujar dia.

Namun dia mengakui konsep PKL urban masih lama terwujudnya. Sebagai persiapan, Pemprov DKI akan melatih pedagang kaki lima asal Monas dan Kota Tua. Pedagang yang terpilih akan menjajal konsep wisata kuliner kota di Night Market yang dimulai sekitar Oktober dan November di Jalan Medan Merdeka Selatan.

ANGGRITA DESYANI


Anda sedang membaca artikel tentang

Jakarta Siapkan Konsep Kaki Lima Urban

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/09/jakarta-siapkan-konsep-kaki-lima-urban.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jakarta Siapkan Konsep Kaki Lima Urban

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jakarta Siapkan Konsep Kaki Lima Urban

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger