Jokowi Ingin Lebarkan Tiga Trotoar Ini

Written By Unknown on Minggu, 29 September 2013 | 09.35

Aksi pengendara kendaraan bermotor roda dua menaiki trotoar di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (9/7). TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO , Jakarta: Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan akan membuat trotoar ideal yang akan menjadi percontohan di tiga lokasi Ibu Kota. Ketiganya adalah trotoar Jalan MT Haryono-Gatot Subroto, MH Thamrin-Jenderal Sudirman, dan kawasan Casablanca.

"Tiga kawasan tersebut bisa dibilang padat aktivitas lalu-lalang pejalan kaki," kata Manggas kepada Tempo, Sabtu, 28 September 2013. "Sehingga kawasan itu perlu dipercantik agar memberi rasa aman dan nyaman."

Di kawasan Casablanca misalnya, menurut Manggas, lebar trotoar dengan kepadatan lalu lalang masyarakat tidak seimbang. "Lebar trotoar di kawasan tersebut hanya 1,5 meter. Padahal daerah tersebut termasuk pusat kantor dan belanja."

Secara umum, Manggas menerangkan, rata-rata trotoar akan dilebarkan menjadi 8 meter. Selain itu, trotoar ini akan "ditutup" agar tidak diserobot pengendara sepeda motor.  Di sepanjang jalurnya akan ditanam pohon sebagai pengganti kanopi.

Namun pembangunan trotoar ini terkendala pagar keliling yang dinilai melanggar peraturan darah. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai pembangunan pagar keliling ini melanggar Peraturan Daerah. Aturan yang dilanggar adalah Perda Nomor 7 Tahun 2010 soal Bangunan Gedung. Dalam peraturan ini, pembangunan pagar harus menyesuaikan kebutuhan masyarakat umum sekitar.

"Makanya ini akan kami koordinasikan dengan pemilik gedung," ujarnya. Rencannya, Senin, 30 September 2013, nanti Jokowi akan mengumpulkan dulu pimpinan untuk membahas pembongkaran pagar gedung ini.

SYAILENDRA

Topik Terhangat
Mobil Murah | Senjata Penembak Polisi | Kontroversi Ruhut Sitompul | Guyuran Harta Labora | Info Haji

Berita Terkait
Jokowi Akan Percantik Trotoar Jakarta 
Ditegur Mendagri, Ahok: Cuekin Saja 
Jokowi Bantah Beri Tambahan Uang ke Warga Ria Rio 
Pengamat: Kasus Lurah Susan Biar Diurus Wali Kota 
Pendemo Lurah Susan Bukan Warga Lenteng Agung?  


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Ingin Lebarkan Tiga Trotoar Ini

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/09/jokowi-ingin-lebarkan-tiga-trotoar-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Ingin Lebarkan Tiga Trotoar Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Ingin Lebarkan Tiga Trotoar Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger