Curah Hujan Lebat, Bantaran Ciliwung Waspada

Written By Unknown on Rabu, 16 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Bogor -- Curah hujan di kawasan Puncak dan Bogor meningkat, sehingga warga bantaran sungai Ciliwung diminta waspada. Ketinggian air di bendungan Katulampa, Bogor pada Senin lalu mencapai 100 centimeter atau kategori siaga III, naik dari sehari sebelumnya, Ahad, yang hanya 80 cm. Akibatnya, permukiman warga di bantaran Kali Ciliwung, tepatnya di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, terendam banjir saat merayakan Idul Adha, kemarin. Dari delapan Rukun Warga di Kampung Pulo, sebanyak tujuh RW terendam banjir hingga satu meter. "Memang Minggu dan Senin kondisi wilayah Bogor diguyur hujan deras," kata Koordinator Bogor SAR Comunity (BSC) Iwan Firdaus, Selasa 15 Oktober 2013.

Petugas bendungan Katulampa Andi Sulaiman menjelaskan seluruh kawasan Puncak diguyur hujan deras dan merata, sehingga ketinggian air di posisi 100 cm ini bertahan hingga Senin pukul 21.00. "Akibatnya beberapa daerah di Jakarta tergenang banjir, " kata Andi. Menurutnya, ketinggian air di Katulampa bisa meningkat pada 100 cm bahkan 210 cm mulai Desember hingga Februari 2013. "Biasanya Desember hingga Februari ketinggian air Bendungan Katulampa posisi siaga I."

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir merendam permukiman Kampung Pulo pada pukul 09.00 kemarin. "Ketinggian air dari 30 sampai 100 cm yang menggenangi 15 meter dari bantaran Kali Ciliwung," kata Sutopo, kemarin. Sebanyak 952 Kepala Keluarga dengan 2.620 jiwa menjadi korban banjir. "Tak ada warga mengungsi, mereka bertahan menunggu air surut."

Ketua RT 04 RW 03 Kampung Pulo, Usep Tahrudin menjelaskan, air masuk ke rumah seusai salat Idul Adha. Permukiman RT 03 dan 04 RW 03 paling parah karena tepat di tepi Kali Ciliwung. "Yang satu meter di sini saja, sisanya hanya 30 cm sampai 50 cm," ujarnya. Toh, warga tetap merayakan Idul Adha. "Motong kambingnya banjir-banjiran."  (Baca: Rayakan Idul Adha, Kampung Melayu Kebanjiran)

SIDIK PERMANA | AFRILIA SURYANIS

Berita Lainnya:
VO2Max Tinggi, Evan Dimas Bagai Mobil Tangki Besar  
Kenapa Jokowi Kurban di Lenteng Agung?  
Ada Cacing Hati di Sapi Jokowi  
Gempa Filipina, Waspada Tsunami di Indonesia Timur  
Roy Suryo Larang Timnas U-19 Temui Politikus  
Mau Blusukan, Sultan HB X Minta Mobil Baru  


Anda sedang membaca artikel tentang

Curah Hujan Lebat, Bantaran Ciliwung Waspada

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/curah-hujan-lebat-bantaran-ciliwung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Curah Hujan Lebat, Bantaran Ciliwung Waspada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Curah Hujan Lebat, Bantaran Ciliwung Waspada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger