Ini Motif Bentrok Anggota TNI Vs Brimob di Karaoke

Written By Unknown on Senin, 21 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Depok--Kepolisian Resor Kota Depok menyimpulkan motif bentrokan antara anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI-AD) dan Brigadir Mobil (Brimob) Kelapa Dua di tempat hiburan Karaoke Venus pada Jumat malam lalu adalah karena salah paham ketika meminjam korek api. Hal itu didapat dari penyidikan dan pemeriksaan saksi mata dari oleh Polresta Depok yang dikaitkan dengan hasil penyidikan Denpom TNI AD dan Provost Mako Brimob.

"Ini dari hasil keterangan POM TNI dan Mako Brimob. Yang jelas ini hanyalah salah paham karena merasa tersinggung. Hasil ini juga kami dapat dari pemeriksaan CCTV Venus," kata Wakil Kepala Polresta Depok Ajun Komisaris Besar Irwan Anwar kepada wartawan, Ahad, 20 Oktober 2013. (Lihat: Anggota TNI yang Terlibat Bentrok Dibawa ke Denpom)

Irwan menjelaskan, kajadian bermula saat salah satu anggota TNI dengan nada tegas meminjam korek api kepada salah satu anggota Brimob yang disangka merupakan keamanan karoke itu. Tak terima dengan nada tegas itu anggota Brimob pun menegur sehingga keduanya terlibat cek-cok mulut yang berujung keributan. "Jadi semua persoalan ini berujung salah paham semata, tidak ada dendam pribadi," katanya.

Seperti dikethui, anggota TNI Angkatan Darat Detasemen Perhubungan Divif 1 Kostrad, Cimandala Raya Ciluar, Sukaraja - Bogor, Sersan Dua TNI-AD Cholil beserta 3 rekannya terlibat bentrok dengan anggota Brimob Kelapa Dua, Brigadir Dua Polisi Sugandi dan lima rekannya di ruang lobi Venus. Akibatnya, Sugandi menderita luka tusuk di perut sebelah kirinya dan dirujuk ke RS Polri Sukanto (Kramat Jati - Jakarta Timur) dan anggota Brimob Brigadir Dua Polisi William juga mengalami luka terkena benda tajam di jari tangan kiri dan sempat dirawat di RS Tugu Ibu Depok. Sementara, Cholil mengalami luka sobekan di kepala dan wajah sehingga dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto.

Irwan mengku, sampai saat ini mereka belum menetapkan tersangka dalam keributan tersebut. Soalnya, oknum yang terlibat pertikaian itu masih menjalani pemeriksaan dari masing-masing divisi. Saat ini, Polresta Depok hanya bisa menunggu dari hasil pemeriksaan dari Denpom TNI dan Brimob. "Tidak bisa kami lakukan penahanan serta penetapan tersangka kepada mereka. Semua masih menjalani proses pemeriksaan," katanya.

Guna meredam aksi serupa, Polresta Depok menggelar razia di pusat hiburan yang ada di Depok. Operasi itu melibatkan berbagai unsur dalam TNI dan Kepolisian. Hal itu untuk menertibkan keberadaan anggota TNI dan Polisi di tempat hiburan yang kerap menimbulkan pertikaian. Giat operasi itu akan terus digelar sampai kasus pertikaian tersebut selesai dilakukan.

Kepala Staff Komando Distrik Militer(Kasdim) 0508 Depok, Mayor Infantri Ariyo Windutomo mengatakan hasil pemeriksaan yang dilakukan Denpom TNI AD Jakarta menyebutkan kasus keributan bermula dari peminjaman korek api oleh salah satu rekan Sersan Dua TNI-AD Colil kepada salah satu anggota Brimob. Dirinya mengklaim, selain salah paham tidak ada pemicu lain dari aksi keributan tersebut.

"Itu kesalahpahaman. Awalnya salah satu mereka (TNI) pinjam korek api, enggak tahu bahwa itu adalah anggota Brimob. Jadi saling nyolok, mungkin karena anggota kostrad atau sebaliknya dari Brimob agak keras," katanya. Aryo memastikan, tidak ada dendam atau yang lain dalam kasus itu, hanya salah paham semata.

Menurut Aryo, malam itu sebenarnya ada 7 orang anggota TNI dari berbagai defisi yang sedang bernyanyi di salah satu ruangan di Venus. Empat orang dari mereka ke luar di tempat lobi hingga akhirnya terjadi peristiwa pinjam korek api yang berujung cek-cok mulut dan perkelahian."Ada 7 (TNI), yang berkelahi hanya 4 orang, 3 di dalam (ruangan)," katanya.

Aryo meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan peristiwa itu. Karena pihaknya sudah bekerja sama dengan Polreta Depok menjaga keamanan wilayah. Dengan cara melakukan razia ke tempat hiburan yang ada. Dirinya berjanji kasus serupa tidak akan terulang kembali seperti yang terjadi pada Jumat malam lalu.
"Kami sudah siapkan personil untuk melaksanakan razia gabungan, bahkan sampai mengikutsertakan Denpom dan Brigif 17. Para anggota yang terlibat sedang diproses Denpom, nanti keputusannya ada di sana," kata dia.

ILHAM TIRTA

Berita terkait:
Polisi dan Tentara Bentrok di Karaoke Depok
Bentrok dengan TNI, Anggota Brimob Diperiksa
FOTO Polisi Bentrok dengan TNI di Depok, 3 Terluka


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Motif Bentrok Anggota TNI Vs Brimob di Karaoke

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/ini-motif-bentrok-anggota-tni-vs-brimob.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Motif Bentrok Anggota TNI Vs Brimob di Karaoke

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Motif Bentrok Anggota TNI Vs Brimob di Karaoke

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger