Jajanan Sekolah di Depok Mengandung Formalin

Written By Unknown on Kamis, 10 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Depok- Dinas Kesehatan Kota Depok menemukan berbagai macam zat pengawet berbahaya dalam jajanan Sekolah Dasar (SD) di Depok. Razia terhadao 55 SD sejak Mei 2013 yang diuji di laboraturium Institut Pertanian Bogor (IPB). Hasilnya, jajanan tersebut mengandung zat seperti formalin, boraks, pewarna tekstil, pemanis buatan atau siklamat, dan bakteri e-coli.

"Ini yang harus menjadi perhatian semua pihak," kata Kepala Dinkes Kota Depok, Lies Karmawati, Rabu, 9 Oktober 2013.

Sampel jajanan diambil petugas Dinas Kesehatan pada 13-27 Mei 2013 selanjutnya dibawa ke laboratorium ITB Bogor. Dari 55 sekolah yang dijadikan sample itu, ada 30 sekolah yang jajanannya menggunakan formalin; 27 sekolah menggunakan boraks; 12 sekolah menggunakan pewarna tekstil; sebanyak 41 sekolah menggunakan pemanis buatan atau siklamat; dan di 17 sekolah jajanannya mengandung bakteri e-coli.

Lies mengatakan, pemeriksaan sampel makanan secara terus-menerus sejak 2006. Sepanjang waktu itu penggunaan zat makanan yang berbahaya masih banyak. Saat ini, total sudah ada 372 sekolah yang sudah diambil sampel jajanannya. Bahkan, sebagian penjual adalah orang yang pernah diambil sampel makanannya. "Namun ada juga yang baru dan jajanannya berbeda," katanya.

Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan banyak pedagang yang menggunakan pemanis buatan yang melebihi takaran. Padahal, penggunaan zat berbahaya bisa menyebabkan kanker. Penggunaan bahan berbahaya itu melanggar Undang-undang nomor 7 Tahun 1996 tentang perlindungan pangan. "Tapi kami tidak memberikan tindakan represif melainkan persuasif," kata dia.

ILHAM TIRTA

Berita Lainnya:



Anda sedang membaca artikel tentang

Jajanan Sekolah di Depok Mengandung Formalin

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/jajanan-sekolah-di-depok-mengandung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jajanan Sekolah di Depok Mengandung Formalin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jajanan Sekolah di Depok Mengandung Formalin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger