Korban Gusuran Buaran Ditampung di Gudang Cakung  

Written By Unknown on Minggu, 13 Oktober 2013 | 09.35

Sebuah keluarga korban penggusuran saat bercengkrama di tenda sementara di antara reruntuhan bangunan di Kawasan Buaran, Jakarta (10/10) Warga memilih bertahan di atas lahan 9,5 hektar yang digusur kemarin. Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah menyiapkan tempat penampungan sementara untuk warga yang tergusur dari lahan sengketa Jalan I Gusti Ngurah Rai, Buaran, Jakarta Timur. "Kami punya gudang di Cakung untuk menampung sementara," ujar Kabid Operasi dan Penegakan Hukum Satpol PP Pemprov DKI Jakarta, Surbakti, Sabtu, 12 Oktober 2013.

Surbakti mengatakan, warga dipersilakan untuk memindahkan barang-barang mereka ke sana jika belum mendapatkan tempat tinggal. Ia pun telah menyiapkan 50 truk untuk membantu proses pindahan.

Rabu lalu, Pengadilan Jakarta Timur mengeksekusi lahan seluas 9,5 hektare di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Buaran, Klender, Jakarta Timur. Lahan itu dinyatakan milik PT Graha Citra Karisma. Selama puluhan tahun, lahan itu dihuni oleh pendatang dari Madura yang sebagian besar bekerja sebagai penjual kayu.

Saat eksekusi berlangsung, sempat terjadi kericuhan karena warga melakukan perlawanan. Halte bus Transjakarta hancur karena dijadikan sasaran kemarahan warga. (Baca: Tolak Eksekusi Buaran, Warga Bakar Rumah).

Hari ini PT Graha Citra Karisma melakukan pemagaran lahan yang telah dieksekusi itu. Proses pemagaran mendapat kawalan dari ratusan polisi. (Baca: Pemagaran Lahan di Buaran Berjalan Lancar)

Rahmadi, 37 tahun, korban gusuran, menyatakan dirinya belum memiliki rencana untuk pindah. "Masih bingung mau pindah ke mana," ujarnya. Ia juga masih mempertimbangkan untuk mengungsi ke tempat penampungan di Cakung. "Barang saya banyak dan belum punya tempat baru."

Seorang warga lain, Sunarto, 45 tahun, menolak untuk direlokasi ke penampungan. Ia menganggap pemerintah tak prorakyat dengan memfasilitasi proses penertiban lahan di Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur, ini. "Pemerintah tak punya hati," ujarnya geram. Ia mengatakan proses penertiban ini ilegal karena menurut dia proses sengketa lahan masih berjalan di pengadilan.

M. ANDI PERDANA

Berita Terpopuler:
Shutdown, Akun Twitter Kedubes Amerika Tutup
Aktivis Maroko Ancam Gelar Aksi Cium Bibir Massal
Profil Ali Zeidan, PM Libya Dibebaskan Penculik
Ada Kondom untuk Anjing dan Kucing?
Malala: Saya Ingin Jadi Perdana Menteri
Diam-diam Snowden Bertemu Empat Mantan Anggota CIA
Malala Suarakan Tolak Kawin Paksa pada Anak


Anda sedang membaca artikel tentang

Korban Gusuran Buaran Ditampung di Gudang Cakung  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/korban-gusuran-buaran-ditampung-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Korban Gusuran Buaran Ditampung di Gudang Cakung  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Korban Gusuran Buaran Ditampung di Gudang Cakung  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger