Melatih dan Menjual Monyet, Dede Banyak Duit

Written By Unknown on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO , Jakarta - Dede Taryono (30), salah satu penjual dan pelatih monyet di kawasan Bendungan Melayu, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, mengaku mendapat uang jutaan untuk sekali melatih atau menjual monyet.

"Untuk paket latihan selama delapan bulan, pemilik monyet saya kenakan biaya Rp 700 ribu. Kalau pakai paket kilat, enam bulan, pemilik monyet bayar Rp 1 juta,"ujar Dede, Jumat, 25 Oktober 2013.

Perbedaan paket latihan itu, kata Dede, hanya di jam belajar monyet saja. Paket biasa, monyet belajar pada siang hari atau malam hari saja. Sementara itu, untuk paket kilat, monyet latihan dari pagi sampai malam.

Pria yang sudah berusaha sejak 1998 itu melanjutkan, untuk penjualan monyet, ia bisa menjual monyet per ekornya dengan harga minimal Rp 2 juta. Harga, kata ia, tergantung pada kualitas monyetnya.

Monyet yang pintar dan mudah nurut ia jual dengan harga Rp 2,5 juta. Sementara itu, untuk monyet yang biasa biasa saja, ia jual dengan harga Rp 2 juta. Harga itu kata dia, sudah termasuk perlengkapan topeng monyet.

"Monyet yang dijual monyet jenis batu asal Kalimantan,"ujar Dede yang memulai bisnis jualan dan pelatihan monyet atas arahan ayahnya.

Terakhir, Dede mengaku dalam sebulan ia bisa melayani hingga 10 pelanggan. Kebanyakan pelanggannya membeli monyet yang sudah ahli bermain topeng monyet.

"Kebanyakan maunya terima beres, tinggal ngeluarin duit Rp 2,5 juta langsung dapat monyet dan perlengkapan pentasnya. Kalau pelanggan yang monyetnya minta dilatih, biasanya hanya untuk seneng -seneng aja," ujarnya.

Saat ini, Dede tak lagi menjual ataupun melatih monyet. Sejak razia monyet yang berlangsung awal pekan ini, ia tak punya monyet untuk dilatih. Kandang-kandang monyet pun ia biarkan kosong.

Sekarang ia fokus berjulan kelambu, bisnis yang sempat dilakukan oleh ibunya. Dede mengaku memulai bisnis itu dengan modal uang Rp 4 juta yang diberikan Pemprov DKI Jakarta pasca razia.

ISTMAN MP


Anda sedang membaca artikel tentang

Melatih dan Menjual Monyet, Dede Banyak Duit

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/melatih-dan-menjual-monyet-dede-banyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Melatih dan Menjual Monyet, Dede Banyak Duit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Melatih dan Menjual Monyet, Dede Banyak Duit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger