Bekasi Minta Bus Reguler Masuk Jalur Busway

Written By Unknown on Kamis, 14 November 2013 | 09.35

TEMPO.COBekasi - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mengusulkan bus reguler di wilayahnya yang masuk ke Jakarta dapat terintegrasi ke jalur busway. "Ini baru usulan, saat ini koordinasi dengan Dinas Perbubungan Pemerintah DKI Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan, Kota Bekasi, Supandi Budiman, Rabu, 13 November 2013.

Supandi menjelaskan, kalau usulan itu disetujui Pemprov DKI Jakarta, bus reguler baik AC maupun non AC harus menyesuaikan dengan shelter yang ada. Artinya, bus harus merubah kontruksinya menjadi high deck atau pintu keluar berada di tengah dan tinggi, menyesuaikan shelternya. "Akses modatransportasi dari Bekasi menjadi semakin bagus," katanya.

Supandi menambahkan, usulan itu juga didukung dengan pembangunan Shelter Busway di sejumlah jalan protokol di Bekasi. Saat ini tercatat sebanyak enam Shelter yang berada di Jalan Joyo Martono, Cut Meutia, dan Ahmad Yani. Tiga jalan itu merupakan jalur utama seluruh kendaraan umum jenis bus. "Seluruhnya akses ke Jalan Tol Bekasi Barat dan Timur," ujarnya.

Menurut dia, langkah itu diklaim dapat berimplikasi kepada kepadatan arus lalu lintas baik di Bekasi maupun di Jakarta. Pihaknya mencatat, saat ini terdapat kendaraan pribadi baik roda dua dan roda empat sebanyak 430 ribu kendaraan. Seluruhnya merupakan kendaraan dari Kota Bekasi yang ke Jakarta. Mobilitas kendaraan itu paling tinggi pada saat jam berangkat kerja dan pulang kerja. "Agar penggunaan kendaraan pribadi berkurang," ujarnya.

Supandi menambahkan, moda transportasi yang terintegrasi dengan jalur busway baru Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB). Sayangnya, sebanyak empat jurusan ke Jakarta di antaranya ke Dukuh Atas, Bundaran Hotel Indonesia, Tanah Abang, dan Pulogadung belum banyak diminati masyarakat. "APTB terus dievaluasi. Terutama, pengaturan jam keberangkatan, karena kedatangannya terlalu lama," ujarnya. "Sekarang penumpang terlalu lama menunggu, bahkan sampai 40 menit," ujarnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku belum mengusulkan penambahan armada APTB. Saat ini, APTB yang dioperasikan oleh Perusahaan Otobus Mayasari sebanyak 30 bus, sedangkan yang dioperasikan oleh PPD sebanyak 15 bus. (Baca juga: Transjakarta Perlu Tambah Armada  dan Jakarta Macet, Apakabar 17 Langkah Pemerintah?)

ADI WARSONO

Berita Lainnya:
Carlos: Ronaldo Layak Raih Ballon d'Or 2013
Busway Kick Tak Perlu Disponsori Pemerintah
Polisi: Pelajar SMA 46 Mencari Musuh Sekolah Lain
Atut, 'Ratu Banten' yang Hobi Pelesir
Sumur Resapan Jakarta Tak Mampu Serap Banjir


Anda sedang membaca artikel tentang

Bekasi Minta Bus Reguler Masuk Jalur Busway

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/11/bekasi-minta-bus-reguler-masuk-jalur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bekasi Minta Bus Reguler Masuk Jalur Busway

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bekasi Minta Bus Reguler Masuk Jalur Busway

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger