Katulampa Siaga Empat, Jakarta Waspada

Written By Unknown on Senin, 18 November 2013 | 09.35

Debit air sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor, terus meningkat menyusul hujan sepanjang hari pada Rabu (9/1). TEMPO/Arihta Surbakti

TEMPO.CO, Bogor - Guyuran hujan  yang turun secara merata di wilayah Jakarta dan Bogor membuat ketinggian air Sungai Ciliwung meningkat.  Ketinggian air di  bendung Katulampa, Bogor, saat ini sudah  mencapai 80 sentimeter. "Ini masuk siaga  empat  banjir, " kata petugas jaga Pos Bendung Katulampa Bogor, Andi Sudirman, saat dihubungi, Ahad 17 November 2013.

Ketinggian air yang mencapai 80 sentimeter ini, merupakan posisi tertinggi air Sungai Ciliwung di bendung Katulampa dalam kurun satu bulan terakhir. Pasalnya rata-rata ketinggian air hanya mencapai 30 cm hingga 50cm. "Hal ini diakibatkan karena meningkatnya intensitas curah hujan  di kawasan Puncak," kata Andi Sudirman.

Menurutnya, ketinggian air di bendung Katulampa awalnya hanya 30 sentimeter dari pagi, dan mengalami peningkatan pada pukul 12.00, mencapai. 50 sentimeter. "Sekitar pukul 15.00  langsung 80 cm atau siaga 4, karena hujan turun merata mengguyur Bogor dan Puncak sejak pagi," katanya.

Dengan ketinggian sungai Ciliwung 80 cm, volume air yang mengalir ke Jakarta diperkarakan mencapai 68.094 liter perdetik, dan arus air tersebut bisa mencapai Jakarta dalam kurun waktu 10 hingga 12 jam mendatang, "Diperkirakan pagi hari air akan sampai ke Jakarta, maka kami imbau warga yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai Ciliwung untuk waspada," kata dia.

M. SIDIK PERMANA

Baca juga:
Anji Sebut Flo Pribadi yang Menyenangkan
Ricuh, Slanker Lempar Batu di Festival Musik Blues
Untuk MRT, Tanam Pohon Dulu Baru Boleh Tebang 
50 Ribu Warga Bekasi Pindah Alamat 
Upah Kota Bekasi Beda Tipis dengan Jakarta
Diduga Perkosa Anak Kandung, Sopir Taksi Dibekuk
Garda Satwa Razia 18 Kucing Liar di Kampung Melayu  

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Katulampa Siaga Empat, Jakarta Waspada

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/11/katulampa-siaga-empat-jakarta-waspada.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Katulampa Siaga Empat, Jakarta Waspada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Katulampa Siaga Empat, Jakarta Waspada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger