Arus Lalu Lintas Ibu Kota Dialihkan Petang Ini

Written By Unknown on Selasa, 31 Desember 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya memberlakukan penutupan ruas Jalan M.H. Thamrin dan sebagian Jalan Jenderal Sudirman. Penutupan itu rencananya akan dimulai sejak pukul 18.00 hingga pukul 02.00 dinihari. Kebijakan itu dilakukan terkait penyelenggaraan acara Jakarta Night Festival yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Polisi sendiri menyarankan kepada masyarakat yang ingin menyaksikan festival di pusat Ibu Kota itu untuk menggunakan kendaraan umum. Soalnya, acara itu diprediksi akan dipadati oleh puluhan ribu pengunjung yang berpotensi menyebabkan kemacetan. Kendaraan umum juga tetap diperboleh beroperasi secara normal, meski tetap harus mematuhi pengalihan arus tersebut.

Kendaraan umum pun diperbolehkan memutar di Dukuh Bawah untuk mengambil penumpang. Adapun bagi warga yang terpaksa melintasi kawasan itu diminta untuk memperhatikan pengalihan arus lalu lintas oleh polisi. Penutupan secara bertahap mulai dilakukan pukul 16.00, dan dipastikan steril dari kendaraan pada pukul 18.00.

Penutupan jalan akan dimulai dari kawasan Dukuh Atas hingga Patung Kuda Arjuna Wijaya, Monas, dan perempatan lampu merah Harmoni. Pengguna kendaraan yang dari arah Semanggi menuju Tanah Abang akan dialihkan ke Dukuh Bawah dan melewati kawasan Karet Bivak. Sedangkan yang hendak menuju kawasan Sarinah maupun Gambir, akan diarahkan melalui Manggarai-Menteng.

Adapun pengguna jalan dari Kota dan Harmoni yang hendak menuju Semanggi, pengalihan arus juga dibagi menjai dua alternatif. Masyarakat bisa mengambil Jalan Juanda-Veteran-Tugu Tani-Menteng untuk jalur alternatif penutupan tersebut. Jalur alternernatif lainnya adalah melalui Jalan Suryopranoto dan menuju arah Tanah Abang guna menghindari konsentrasi warga di kawasan Monas.

Pemerintah bekerja sama dengan polisi juga sudah menyiapkan tempat parkir bagi para pengguna kendaraan. Tempat parkir yang disediakan untuk mengantisipasi acara JNF itu adalah lapangan parkir IRTI Monas, Parkir Timur Senayan, dan markas Polda Metro Jaya. Bus Transjakarta sendiri akan berhenti beroperasi pada pukul 16.00, dan beroperasi lagi pada pukul 02.00 dinihari.

Untuk pengguna kereta api, PT KAI pun menambah jam keberangkatan untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga. Penambahan jam itu adalah rute Bogor-Jakarta yag ditambah pada pukul 22.45, Jakarta-Bogor (01.30), Bogor-Jakarta (23.30), Jakarta-Bogor (02.00), Bogor-Tanah Abang (22.20), Jatinegara-Bogor (01.00), Bekasi-Jakarta (23.45), dan Jakarta-Bekasi (01.45).

DIMAS SIREGAR

Terkaita:
Lima Lokasi Pesta Kembang Api Paling Manarik
Jokowi Larang Konvoi Tahun Baru
Akhir Tahun 2013, Jabodetabek Hujan Seharian
Jakarta Night Festival, 1.900 Polisi Dikerahkan

 

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Arus Lalu Lintas Ibu Kota Dialihkan Petang Ini

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/12/arus-lalu-lintas-ibu-kota-dialihkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Arus Lalu Lintas Ibu Kota Dialihkan Petang Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Arus Lalu Lintas Ibu Kota Dialihkan Petang Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger