Mengapa Truk BBM Berhenti di Rel Kereta Bintaro?

Written By Unknown on Selasa, 10 Desember 2013 | 09.36

Petugas pemadaman kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar mobil tanki bahan bakar yang tertabrak kereta jurusan Tanah Abang di lintasan Ulujami, Bintaro Pengsanggrahan, Jakarta (09/12). Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta - Kecelakaan maut di Bintaro bermula saat truk Pertamina menerobos pintu. Sialnya, ketika berada di rel, truk pengangkut 24 ribu bahan bakar minyak itu mendadak berhenti.

Saksi menyatakan sekitar pukul 11.20 siang itu, lalu lintas di Jalan Bintaro Permain, Ulujami, Jakarta Selatan sedang padat. Lalu sirene pintu perlintasan kereta meraung-raung. Dua mobil yang terlanjur berada di rel tampak mundur untuk menghindari palang yang turun. Namun, truk Pertamina malah maju ke arah Petukangan. "Sopirnya maksa melintas," kata Iyam, 50 tahun, warga setempat.

Iyam melihat truk nahas tersebut berhenti saat belum sepenuhnya melintasi rel, seperti mogok. Saksi lain menyebut ada angkot yang menghalangi laju truk. Maklum, lalu lintas sedang padat. "Padahal jarak sudah dekat," kata Ali Imron, yang berada di gerbong kedua.

Musibah pun terjadi. Dengan kecepatan sekitar 70 kilometer per jam, lokomotif menyambar bagian belakang truk yang nangkring di atas rel dan meledak. Api terus berkobar dan baru bisa dipadamkan setelah dua jam oleh petugas yang didukung 22 unit mobil pemadam.

Penjelasan lain soal berhentinya truk BBM adalah akibat medan magnet di rel kereta. Hal ini berhubungan dengan banyaknya kecelakaan di pintu perlintasan kereta. Dari situs bismania.com, disebutkan gesekan roda dan rel kereta menimbulkan medan magnet yang tersimpan sampai 3 jam. Hal itu bisa mengganggu kerja dinamo stater dan membuat kendaraan bermotor yang mati sulit dihidupkan. Jika terjebak medan magnet, forum di situs penggemar bus tersebut memberi saran untuk membunyikan klakson terus menerus untuk membuyarkan "jeratan" magnet itu.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi mengatakan membutuhkan tiga bulan untuk menyelidiki musibah yang menewaskan enam orang itu. Pertamina menanggung biaya pengobatan bagi puluhan korban. Klik untuk baca selengkapnya tentang kecelakaan kereta api Bintaro.

AMIRULLAH | TRISTIA R | PINGIT ARIA

Terpopuler:

Tragedi Kereta Bintaro, Truk Tangki Memaksa Masuk?
Tabrakan Kereta Ulujami Mirip Tragedi Bintaro  
Ini Cerita Miris Tabrakan Kereta Bintaro 1987  
Nama 7 Korban Tabrakan Kereta Bintaro di Fatmawati
Tabrakan Kereta Bintaro, Masinis Meninggal  
Korban Kereta Bintaro Tak Merasa Masinis Mengerem
Kereta Tabrak Truk Tangki di Bintaro, Enam Tewas
Siapa Masinis Kereta Naas di Bintaro?
Kecelakaan Kereta Bintaro, 10 Pemadam Dikerahkan  
78 Nama Korban Tabrakan Kereta Bintaro  

Foto-foto Kecelakaan Kereta di Bintaro:
Mengenang Kecelakaan KRL Bintaro, 26 Tahun Lalu
KRL Terbakar dalam Kecelakaan di Perlintasan Bintaro
Proses Pemadaman KRL Terbakar di Bintaro
Beberapa Kecelakaan KRL dalam Sejarah



Anda sedang membaca artikel tentang

Mengapa Truk BBM Berhenti di Rel Kereta Bintaro?

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/12/mengapa-truk-bbm-berhenti-di-rel-kereta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengapa Truk BBM Berhenti di Rel Kereta Bintaro?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengapa Truk BBM Berhenti di Rel Kereta Bintaro?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger