Polisi: Contraflow Sukses Urai Kemacetan di Tomang  

Written By Unknown on Sabtu, 21 Desember 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Kesatuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat akan meneruskan program contraflow di jalan tol dari Tangerang menuju arah Jakarta. Sejak diuji coba per Senin, 5 Desember 2013, lalu, polisi mencatat ada penurunan tingkat kepadatan lalu lintas terutama di ruas Tomang hingga sebesar 34 persen.

"Simpul kemacetan yang selama ini terjadi seperti di pintu tol Kembangan, Meruya, dan Kebon Jeruk bisa terurai," ujar Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Barat Komisaris Budiono, Jumat, 20 November 2013.

Sistem contraflow atau membuka jalur berlawanan arah dibuka mulai kilometer 6+200 atau tepatnya di pintu tol Karang Tengah hingga kilometer 00+200 di Tomang. Saat pertama diuji coba, kata Budiono, arus kendaraan yang melintas di jalur contraflow sekitar 2500 kendaraan sehari. Namun, pada hari kelima uji coba, yakni Jumat, 20 Desember 2013, jumlah kendaraan meningkat hingga hampir 5000 kendaraan.

Adapun waktu tempuh kendaraan dari pintu tol Karang Tengah hingga Tomang yang semula bisa 1,5-2 jam pada pagi hari, berkurang signifikan menjadi hanya 30-45 menit saat contraflow diberlakukan. "Pengguna jalan menyambut baik contraflow ini karena bisa lebih cepat sampai," kata Budiono.

Selama melewati jalur contraflow, para pengemudi mobil diharuskan menyalakan lampu utama, dan dilarang menyalakan lampu hazard. "Jika hujan atau cuaca mendung pun contraflow tidak akan dilakukan, untuk menjaga keselamatan pengguna jalan," Budiono menjelaskan.

Kepolisian berencana melakukan contraflow ini setiap hari kerja, mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00, bergantung pada kondisi lalu lintas. Selain itu, jalur contraflow pun akan diperpanjang hingga Jalan Biak atau pintu keluar tol Tomang yang menuju Harmoni. "Kami akan menambah sekitar 350 cone untuk memperpanjang contraflow ini pada Senin, 23 Desember, mendatang," kata Budiono.

PRAGA UTAMA

Terpopuler
Muhammadiyah dan NU Tolak MUI Fatwakan Sesat Syiah 
Yusril Ihza Sentil Jokowi 
Kunci Kemenangan Timnas U-23 Atas Malaysia
Algojo Terakhir Penentu Kemenangan Indonesia


Anda sedang membaca artikel tentang

Polisi: Contraflow Sukses Urai Kemacetan di Tomang  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/12/polisi-contraflow-sukses-urai-kemacetan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polisi: Contraflow Sukses Urai Kemacetan di Tomang  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polisi: Contraflow Sukses Urai Kemacetan di Tomang  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger