Jokowi Belanja Bus Transjakarta Baru April

Written By Unknown on Sabtu, 25 Januari 2014 | 09.35

Jokowi saat mencoba bus Tranjakarta gandeng yang baru di Halte Ancol, Jakarta, (22/1). Bus-bus baru tersebut akan melayani rute PGC-Ancol dan Harmoni-Lebak Bulus. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO , Jakarta--Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan anggaran pendapatan dan belanja daerah 2014 (APBD 2014) untuk pos transportasi sebesar Rp 10,05 triliun. Fokus utamanya untuk pembelian 1.000 bus Transjakarta dan 3.000 bus sedang.

"Kalau bus-bus itu bisa datang tahun ini dijamin akan terasa imbasnya," kata Jokowi seusai peresmian bus angkutan perbatasan terintegrasi busway pada Jumat, 24 Januari 2014. Saat ini, jumlah bus yang ada Jokowi meneruskan memang belum banyak.

Jokowi mengatakan jumlah penduduk DKI Jakarta ada pada kisaran 9 juta jiwa. Kemudian jumlah penduduk yang masuk atau komuter sebanyak 3 juta jiwa. Artinya, sekitar 12 juta jiwa beraktivitas di Ibu Kota.

Hal ini lah yang menyebabkan Jakarta macet saben harinya. Sebab, diperkirakan ada 1,9 juta unit kendaraan di Ibu Kota seharinya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan anggaran yang digunakan untuk belanja bus ini sebesar Rp 4 triliun. Pembelian akan dilakukan pada April nanti.

"Lewat e-katalog sehingga cepat dan tidak perlu tender," kata Pristono kepada Tempo. Dia menargetkan hingga Agustus 2014 nanti separo dari target sudah terpenuhi datang.

Untuk pengadaan bus Transjakarta di tahun anggaran 2013, Pristono menuturkan sudah datang sebanyak 310 unit Transjakarta gandeng. Saat ini sedang ada di pool Transjakarta untuk uji kelaikan.

Dia menuturkan selain mengandalkan bus Transjakarta reguler. Transportasi di Ibu Kota juga disokong APTB. Total sudah ada 14 trayek yang dilayani APTB dengan jumlah bus sebanyak 143 unit.

Selain itu, dia meneruskan, ada 104 unit bus sedang dengan empat rute yang beroperasi. "Masyarakat semakin punya pilihan," ujarnya.

SYAILENDRA

Baca juga:

Ibu Korban Pencabulan Minta Pelaku Dihukum Berat
Ditanya Sodetan, Jokowi: Saya Enggak Bisa Nyodet
WALHI Tuding Reklamasi Penyebab Banjir Jakarta
Banjir Mengisolir Warga Pesisir Utara Bekasi


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Belanja Bus Transjakarta Baru April

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/jokowi-belanja-bus-transjakarta-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Belanja Bus Transjakarta Baru April

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Belanja Bus Transjakarta Baru April

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger