Perbaikan Tanggul Latuharhary Dikebut

Written By Unknown on Jumat, 17 Januari 2014 | 09.35

Sejumlah Pekerja bersama Personel TNI membuat tanggul penahan jalur rel kereta api yang tergerus akibat jebolnya tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) di Jl. Latuharhary, Jakarta, pada 18 Januari. Jebolnya tanggul itu mengakibatkan sebagian besar Jalan Thamrin dan Sudirman terendam air. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum, Danis H. Sumadilaga menyatakan, perbaikan tanggul Kanal Banjir Barat di jalan Latuharhary, Jakarta Pusat ditargetkan selesai pada akhir Januari 2014. "Saat ini sedang dikebut pengerjaannya dan ditargetkan rampung akhir bulan ini,"kata Danis pada Jumat, 17 Januari 2014 dalam siaran persnya.

Danis menuturkan saat ini perbaikan tanggul yang miring itu sedang memasuki tahap akhir, yaitu penyelesaian pengecoran dan pembersihan. Menurutnya kemajuan perbaikan tanggul Latuharhary saat ini mencapai 95 persen.

Danis mengaku penanganan tahap awal mengalami kesulitan mobilisasi peralatan. Hal ini dikarenakan lokasinya melalui lintasan kereta api, serta pelaksanaan pemancangan dilakukan secara manual. Namun saat ini, kata dia, sudah tidak ada masalah.

Pengamat geologi dari Universitas Indonesia Firdaus Ali menilai kondisi seluruh tanggul di Ibu Kota Jakarta memprihatinkan. Pendapatnya itu didasarkan pada pengamatan di Kanal Banjir Barat dari Manggarai hingga Tanah Abang serta Cengkareng Drain di Jakarta Barat.

"Kedalaman tiang pancang rata-rata hanya 8 meter. Padahal, titik tanah keras di bantaran kali di atas 35 meter," kata Firdaus kepada Tempo, Kamis, 26 Desember 2013 lalu. Hal itu menyebabkan dinding-dinding tersebut menjadi rawan ketika musim hujan.

Firdaus mengatakan meski tanggul merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum, pemerintah daerah juga memegang peranan penting. Sebab, apabila tanggul jebol, maka hal itu akan berdampak kepada terhambatnya aktivitas di Ibu Kota.

APRILIANI GITA FITRIA

Terpopuler:

Jengkel Dicaci Maki, Ani SBY Sentil Istri Jokowi

Begini Jokowi Menjawab Sentilan Ibu Ani Soal Istrinya

Mata Najwa, Angel Lelga Gagap Menjawab

Sedang Pimpin Rapat, Ani SBY Malah Angkat Telepon

Suami Khofifah Sudah Lama Menulis Hari Kematiannya  

Seperti Apa Ruang Karaoke Akil Mochtar Kini?  

Wawancara Lengkap Angel Lelga di Mata Najwa 1


Anda sedang membaca artikel tentang

Perbaikan Tanggul Latuharhary Dikebut

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/perbaikan-tanggul-latuharhary-dikebut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perbaikan Tanggul Latuharhary Dikebut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perbaikan Tanggul Latuharhary Dikebut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger