Ribuan Sumur Resapan Bukan Solusi Banjir Jakarta

Written By Unknown on Senin, 13 Januari 2014 | 09.35

Warga membantu seorang wanita sat melewati genangan banjir yang mulai memasuki pemukiman mereka dikawasan Bukit Duri, Jakarta, (12/1). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Pembangunan sumur resapan di Jakarta belum dapat menyelesaikan masalah genangan air di Ibu Kota. "Sumur resapan bukan untuk mengendalikan banjir," ujar Kepala Dinas Perindusterian dan Energi Jakarta Andi Baso, Senin 13 Januari 2014.

Menurutnya, hasil observasi di lima titik pembangunan sumur resapan di sekitar Balai Kota Jakarta memperlihatkan bahwa kapasitas resap air sumur resapan hanya mencapai 40 meter kubik per hari. Berarti sumur hanya mampu menyerap dua meter kubik air per jam. Sementara itu, hujan yang turun jauh lebih besar dari kapasitas yang bisa ditampung.

Karena itu, kata Andi, pembangunan sumur resapan di Jakarta lebih ditujukan untuk konservasi air tanah. Sedangkan upaya mengatasi banjir bisa dilakukan dengan perbaikan drainase, penambahan pompa air, dan pembuatan waduk.

Sampai sekarang, pembangunan sumur resapan di Ibu Kota sudah mencapai 80 persen dari target 1.949 sumur. Sebagian diletakkan di lokasi yang memang titik rawan genangan air. Kedalaman sumur tergantung dari lokasi yang dipilih, mulai dari 3 meter sampai 60 meter.

Memang, menurut Andi, pembangunan sumur resapan lebih bermanfaat di daerah Selatan Jakarta. Karena, muka air tanah di wilayah tersebut lebih rendah sehingga air bisa menyerap lebih banyak ke dalam sumur. Berbeda dengan di wilayah Pusat dan utara. Muka air tanah di kedua wilayah itu sudah tinggi.

SUTJI DECILYA


Baca juga:

Hujan Bubarkan Beragam Kampanye Jokowi Nyapres
Dukung Pencapresan Jokowi, Ratusan Waria Pawai
Jika Jokowi Nyapres, Ini Cawapres Pilihan Waria
Waria: Jokowi Patut Diperjuangkan


Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuan Sumur Resapan Bukan Solusi Banjir Jakarta

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/ribuan-sumur-resapan-bukan-solusi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuan Sumur Resapan Bukan Solusi Banjir Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuan Sumur Resapan Bukan Solusi Banjir Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger