Cerita Pembantu yang Disekap di Rumah Jenderal  

Written By Unknown on Kamis, 27 Februari 2014 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta--Polres Bogor sudah menetapkan Mutiara Situmorang, istri Brigadir Jenenderal (Purnawirawan) Mangisi Situmorang sebagai tersangka. Dia dijerat dengan UU Perdagangan Orang, UU Kekerasan dalam Rumah Tangga, dan UU Perlindungan Anak. Di rumahnya, di Kompleks  Duta Pakuan, Kota Bogor, dia menyekap 17 orang yang dijadikannya "budak belian."

Kepada Tempo, salah satu pembantu yang disekap, Istiqomah, mengaku pernah ditampar dan dijambak Mutiara. "Kalung saya lepas, dan hilang," katanya. (Kasus Penganiayaan Pembantu, Istri Jenderal Tersangka)

Istiqomah mengaku sudah enam bulan bekerja di rumah Situmorang yang berpagar rapat tinggi dan sebagian dilingkari kawat berduri. "Kerja saja, mengepel, cuci piring, bersih­-bersih…" katanya. "Yang laki­-laki ada disuruh cuci mobil."

Gadis 26 tahun ini berasal dari Ponorogo. Dia dijanjikan seorang calo yang membujuknya di Terminal Pulogadung untuk mau bekerja di sebuah rumah di Bogor. "Saya dijanjikan digaji Rp 800 di sana," katanya. Tapi, berbulan­-bulan bekerja, gaji itu tidak dibayar. "Gaji baru diberikan setelah dikeluarkan dari rumah itu kemarin," katanya dengan suara perlahan.

Begitu keluar, yang ia lakukan menghubungi orangtuanya. "bapak saya petani dan selama ini bingung  karena nggak tahu saya di mana," katanya.

Ditemui Tempo Selasa malam pekan lalu di Polres Bogor, sulung dua bersaudara ini bersyukur bisa lepas dari rumah itu. Menurut dia, Mutiara selalu mengontrol mereka dan akan memukul atau memaki siapa pun yang melakukan kesalahan. Menurut Istiqomah ia jarang melihat Mutiara keluar rumah. "Banyak di rumah, dan selalu memerintahkan kami bekerja dan membersihkan apa saja, juga yang sudah dibersihkan teman­teman yang lain," katanya. (16 Pembantu Istri Jenderal Ikut Pemulihan Mental)

LRB

Terkait:
Istri Jenderal Mangisi Tetap Mengelak Aniaya Pembantu
Jenderal dan Istrinya Diperiksa Enam Jam Lebih
Istri Jenderal Didampingi Psikolog Saat Diperiksa
Curhat Pembantu: Bu Jenderal Galak, Suka Jambak


Anda sedang membaca artikel tentang

Cerita Pembantu yang Disekap di Rumah Jenderal  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/02/cerita-pembantu-yang-disekap-di-rumah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cerita Pembantu yang Disekap di Rumah Jenderal  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cerita Pembantu yang Disekap di Rumah Jenderal  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger