Kriminolog: Penembakan Pamudji Konflik Pekerjaan

Written By Unknown on Rabu, 19 Maret 2014 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Kriminolog Universitas Indonesia Erlangga Masdiana mengatakan, konflik di dalam pekerjaan merupakan salah satu penyebab Brigadir Susanto menembak Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Pamudji. Konflik seperti ini biasanya terjadi antara atasan dan bawahan. "Biasanya dipicu oleh tuntutan bawahan yang harus loyal dengan atasan," kata Erlangga, Rabu, 19 Maret 2014. (Baca: Komandan Polisi Tewas Ditembak di Tempat Kerja)

Konflik tersebut, kata dia, biasanya berupa masalah komunikasi, hubungan pribadi, maupun struktur organisasi.

Sebelumnya, Kepala Detasemen Kepolisian Daerah Metro Jaya, AKBP Pamudji tewas ditembak anak buahnya di ruang pelayanan masyarakat, Selasa malam 18 Maret 2014. Pamudji ditembak dua kali pada saat sedang bertugas bersama anak buahnya.

Erlangga memaparkan masalah komunikasi dapat ditimbulkan lantaran adanya ketidakjelasan informasi maupun perintah yang disampaikan. Wujudnya berupa perintah yang tak mudah dipahami dan tidak konsisten.

Dia menuturkan pergantian pimpinan yang sering terjadi di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia menuntut anak buah harus menyesuaikan gaya kepemimpinan atasannya. Erlangga menduga ada gaya kepemimpinan Pamudji yang dianggap mengganggu oleh Susanto.

Kemungkinan lain, kata Erlangga, Brigadir Susanto memiliki agenda lain di luar tugasnya sebagai polisi. Akibatnya kepentingan tertentu tersebut bertabrakan dengan tugas utama polisi. Selain itu, penyebab lain yakni adanya masalah pada pekerjaan polisi sendiri. "Penyebab seperti ini membuat polisi bingung memihak masyarakat atau pimpinan," kata Erlangga.

LINDA HAIRAN

Berita Terkait
Olah TKP Penembakan, Markas Polda Dijaga Ketat
Penyidik Olah TKP Penembakan Komandan Polisi
Komandan Polisi Ditembak Saat Piket


Anda sedang membaca artikel tentang

Kriminolog: Penembakan Pamudji Konflik Pekerjaan

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/03/kriminolog-penembakan-pamudji-konflik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kriminolog: Penembakan Pamudji Konflik Pekerjaan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kriminolog: Penembakan Pamudji Konflik Pekerjaan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger