Sudirman Menjalani Tes Kejiwaan Hari Ini

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 09.35

Sabtu, 27 Oktober 2012 | 08:04 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sudirman, pria berusia 40 tahun yang membawa benda menyerupai senjata rakitan menjelang salat Idul Adha di Mesjid Istiqlal Jakarta, Jumat, 26 Oktober 2012, pukul 04.30, hari ini akan menjalani psikotes. "Untuk memastikan kejiwaaannya," ujar rilis Divisi Humas Mabes Polri melalui situs www.tmcmetro.com, Sabtu, 27 Oktober 2012.

Polisi memastikan, warga Jalan Kemuning RT 02 RW 08, Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, itu masih diperiksa secara intensif di Polda Metro Jaya. "Ibunya menyebut Sudirman memiliki gangguan jiwa. Untuk memastikan hal tersebut, Sudirman akan menjalani psikotes."

Pasukan Pengamanan Presiden menangkap Sudirman, di Mesjid Itiqlal beberapa jam sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono salat Idul Adha kemarin. Sudirman kedapatan membawa benda yang menyerupai senjata api rakitan.

Peristiwa yang sempat menghebohkan itu tidak mengkhawatirkan presiden, karena belakangan diketahui benda tersebut tidak berfungsi. "Presiden telah menerima laporan dan orang yang membawa senpi tersebut telah diamankan," kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, kemarin.

Wakil Asisten Intelijen Paspampres, Letnan Kolonel Deny Muis, mengatakan Sudirman ditangkap saat pihaknya tengah melakukan pemeriksaan menggunakan pintu deteksi keamanan. "Lalu (dari pinggang Sudirman) ketahuan ada barang itu," kata Deny Muis.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengungkapkan, benda yang dibawa Sudirman adalah jenis rakitan, tiga benda mirip kepala anak panah, dua sekrup, dua potong batangan aluminium kecil, sebutir biji klahar, dan rompi loreng.

Namun, setelah diuji coba, "senjata" Sudirman itu tidak berfungsi, lebih mirip senjata mainan anak-anak. "Tidak bisa berfungsi seperti senjata api. Cara kerjanya pun laiknya ketapel," ujar Rikwanto. Dari spesifikasi, senjata Sudirman berbahan dasar besi dari hasil mengelas.

Pada bagian pelatuk terpasang sebuah gembok kecil yang berfungsi sebagai penarik. "Tinggal dimasukkan mur atau baut, gemboknya ditarik lalu lepas," kata Rikwanto. Namun ketika dicoba oleh penyidik ternyata tidak bekerja. Sementara pada bagian magazine tidak bisa diisi oleh peluru.

Dari pemeriksaan, Rikwanto menambahkan, rupanya dia membawa senjata rakitan hanya untuk menjaga diri. Meski begitu, penyidiki kepolisian tetap akan mendatangi kediaman Sudirman di Tegal.

Ibunda Sudirman, Juriah, 65 tahun, mengaku terkejut atas penangkapan anaknya itu. "Selama ini anak saya tidak pernah punya senjata api, termasuk pistol rakitan," ujar Juriah di rumahnya, Tegal. Juriah membenarkan, putranya itu mengalami sakit pada kejiwaannya.

ALI ANWAR


Anda sedang membaca artikel tentang

Sudirman Menjalani Tes Kejiwaan Hari Ini

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/sudirman-menjalani-tes-kejiwaan-hari-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sudirman Menjalani Tes Kejiwaan Hari Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sudirman Menjalani Tes Kejiwaan Hari Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger