Malam Tahun Baru, Transjakarta Tak Operasi Penuh

Written By Unknown on Senin, 31 Desember 2012 | 09.35

Senin, 31 Desember 2012 | 05:34 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Badan Layanan Umum Transjakarta menyatakan akan mengurangi jam operasional bus pada malam pergantian tahun hari ini, Senin, 31 Desember 2012. Menurut Kepala BLU Muhammad Akbar, pengurangan jam operasional itu dilakukan karena alasan kepadatan lalu lintas. "Karena kalau sudah malah biasanya padat dan bus Transjakarta malah tidak bisa lewat," kata dia kepada Tempo, Minggu, 30 Desember 2012.

Jelang malam tahun baru hari ini, menurut Akbar, seluruh koridor bus Transjakarta hanya akan melayani penumpang hingga pukul 18.30 WIB. Tapi khusus bus koridor Blok M-Kota jam pelayanan jadi lebih cepat, yakni pukul 17.30 WIB. "Jadi lewat jam itu tidak bisa menerima penumpang," katanya.

Tapi Akbar memastikan jika penumpang yang sudah berada di dalam bus tetap akan diantar hingga halte pemberhentian terakhir. Jam akhir operasional bus hanya dimaksudkan untuk membatasi penumpang yang berniat menggunakan Transjakarta. "Misalnya untuk koridor I, kalau jam 20.00 masih di Bendungan Hilir ya tetap akan diantar hingga Kota atau Blok M," ujarnya.

BLU dan Dinas Perhubungan, Akbar menambahkan, akan bekerja sama untuk menempatkan petugasnya di tiap halte yang berada di tengah koridor. Mereka akan ditugaskan untuk menginformasikan kepada calon penumpang mengenai layanan Transjakarta. "Lewat jam tadi ya sudah tidak bisa lagi naik bus," kata dia.

Menurut Akbar, langkah itu dilakukan demi efisiensi pelayanan bus Transjakarta saat malam pergantian tahun. Soalnya, BLU pernah mengoperasikan bus hingga malam hari tapi laju bus justru terhambat di tengah jalan. "Contohnya di daerah Gunung Sahari, jam 19.00 saja sudah sangat padat jadi jam kedatangan bus bisa sangat lama," ujarnya.

Dia juga menyarankan masyarakat untuk menyiapkan transportasi alternatif jika biasa bepergian menggunakan bus Transjakarta. Soalnya, BLU maupun Dinas Perhubungan tidak menyediakan alat transportasi alternatif untuk menampung penumpang Transjakarta. "Karena memang setiap tahun juga sudah seperti itu," kata dia.

DIMAS SIREGAR

Berita Terkait:

Jokowi Berniat Tahun Baruan di Car Free Night 
Jakarta Gelar Car Free Night pada Malam Tahun Baru
Tahun Baru, Tarif Hotel Kaliurang Naik 150 Persen
Pawai Becak Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam
Berkah 1 Sura bagi Penjual Bunga


Anda sedang membaca artikel tentang

Malam Tahun Baru, Transjakarta Tak Operasi Penuh

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/malam-tahun-baru-transjakarta-tak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Malam Tahun Baru, Transjakarta Tak Operasi Penuh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Malam Tahun Baru, Transjakarta Tak Operasi Penuh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger