Penghasilan Kurang Rp 2,5 Juta, Awas Kena Rentenir

Written By Unknown on Minggu, 30 Desember 2012 | 09.35

Tukang sayur keliling di Bandung, Jawa Barat (23/2). Pelaku usaha mikro hingga saat ini masih terjerat rentenir, karena mereka kesulitan mendapat pinjaman dari lembaga keuangan, terutama bank. TEMPO/ Aditya Herlambang

Minggu, 30 Desember 2012 | 09:27 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Bagi Anda yang memiliki penghasilan kurang dari Rp 2,5 juta setiap bulan, sebaiknya Anda berhati-hati akan bujuk rayu para rentenir.

Ketua Koperasi Ukhuwah Kota Bekasi, Asep Didi Kurnia mengatakan masyarakat dengan penghasilan kurang dari angka tadi potensial menjadi sasaran empuk para lintah darat. "Jeratan rentenir marak terjadi di kalangan masyarakat dhuafa hingga yang berpenghasilan kurang dari Rp 2,5 juta per bulan," kata Asep, Jumat 28 Desember 2012.

Dari pantauan di lapangan, kata Asep, sekitar 50 kepala keluarga di setiap RT di empat kecamatan di Kota Bekasi telah terjerat utang dengan lintah darat. Empat kecamatan yang dimaksud antara lain Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi Timur, Pondok Melati, dan Pondokgede. "Bunga yang diberikan rata-rata 30-40 persen per bulan," ujarnya.

Menurut Asep, kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan. Oleh karenanya, melalui Program Indonesia Berdaya Ukhuwah (Proibu) yang dicanangkan sejak awal 2011, Asep beserta rekan-rekannya berusaha membebaskan 1.250 kepala keluarga di wilayah rawan jeratan lintah darat tadi.

Caranya, warga yang terjerat utang dengan rentenir diberikan pinjaman uang tahap awal Rp 500 ribu per bulan. "Pinjaman tanpa bagi hasil atau nol persen bunga," kata dia. Uang itu dipakai untuk membayar tagihan rentenir hingga lunas. "Kami mendapat bantuan dari 15 ribu dermawan dan 35 perusahaan swasta," ujarnya.

MUHAMMAD GHUFRON

Berita terpopuler lainnya:
Jokowi, Tokoh Terpopuler 2012 Google Indonesia
Mourinho Pelatih Terbaik Dunia 2012
Penyakit Lama Golkar Kambuh


Anda sedang membaca artikel tentang

Penghasilan Kurang Rp 2,5 Juta, Awas Kena Rentenir

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/penghasilan-kurang-rp-25-juta-awas-kena.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penghasilan Kurang Rp 2,5 Juta, Awas Kena Rentenir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penghasilan Kurang Rp 2,5 Juta, Awas Kena Rentenir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger