Ini Penyebab Kerusuhan LP Salemba

Written By Unknown on Selasa, 22 Januari 2013 | 09.35

Selasa, 22 Januari 2013 | 08:24 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Bentrokan terjadi antar-dua kubu musuh bebuyutan di Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat, Senin, 21 Januari 2013. Tawuran antarnapi ini disebut-sebut karena adanya perlakuan istimewa petugas kepada salah satu blok yang bertikai.

"Kalau tidak ada yang diistimewakan, penyerangan ini tidak akan terjadi," ujar seorang sumber, Senin malam,  21 Januari 2013. (Baca: Rusuh LP Salemba, Dua Blok Saling Serang)

Warga penghuni LP yang merasa mendapat perlakuan tak seimbang dari petugas pun terpancing amarah. Sumber tersebut menyatakan, blok S terkesan menjadi "anak emas" petugas LP. Akibatnya, penghuni blok tersebut kerap mengintimidasi penghuni blok lain tanpa alasan yang jelas.

"Saat penyerangan terhadap blok C, tidak ada satu pun petugas yang melarang. Namun, saat penghuni lain membalas ke blok S, petugas sudah berjaga-jaga di sana," sumber tadi menambahkan. (Baca: Rusuh LP Salemba, Dua Orang Luka Parah)

Bukan hanya itu, beberapa perlakuan istimewa lainnya yang diperoleh penghuni blok S adalah kebebasan jam besuk di luar batas waktu yang ditetapkan LP. Para pembesuk yang mengarah ke blok S memperoleh keringanan tanpa pemeriksaan. Sedangkan tamu untuk blok lain diperiksa ketat. "Seharusnya diperlakukan sama, namun blok S tidak pernah, itu kan tidak adil," kata sumber itu.

Keistimewaan lainnya, petugas LP jarang memeriksa di dalam blok S, sementara blok lainnya kerap berlangsung pemeriksaan ketat secara berkala. "Mana ada pemeriksaan senjata tajam, HP, atau narkoba di blok itu," kata sumber tadi.

Ia berharap, dengan adanya kejadian sore tadi, petugas LP bisa berbuat adil. Sumber ini berharap penghuni blok S dibaurkan dengan anggota blok lainnya, sehingga potensi keributan bisa diredam. "Pokoknya jangan diistimewakan yang berujung adanya kecemburuan penghuni lapas, itu kuncinya," ujar sumber tadi.

JAYADI SUPRIADIN


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Penyebab Kerusuhan LP Salemba

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/01/ini-penyebab-kerusuhan-lp-salemba.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Penyebab Kerusuhan LP Salemba

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Penyebab Kerusuhan LP Salemba

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger