Nelayan Diminta Waspadai Puting Beliung

Written By Unknown on Minggu, 13 Januari 2013 | 09.35

Minggu, 13 Januari 2013 | 04:44 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan untuk membatasi aktivitas melaut mengingat masih tingginya ancaman cuaca ekstrim hingga satu pekan ke depan.

"Batasi melaut karena gelombangnya tinggi. Waspadai puting beliung," ujar Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Edvin Aldrian, kepada Tempo, Sabtu, 12 Januari 2013.

Masih berlangsungnya kondisi cuaca dingin di bumi belahan utara dan sangat panas di bumi bagian selatan, menyebabkan wilayah tropis Indonesiasa berpotensi sangat basah. Edvin memprediksi kondisi tersebut masih berlangsung hingga satu pekan ke depan.

Imbauan ini penting, menurut dia, sebab kondisi gelombang tinggi dan tiupan angin puting beliung cukup membahayakan bagi nelayan. Bahkan di wilayah DKI Jakarta, puluhan reklame serta pohon ambruk saat hujan yang disertai puting beliung tiba.

Meskipun Indonesia bukan jalur siklon tropis, namun masih menerima dampak dari kondisi bumi saat ini, sehingga ancaman hujan yang disertai angin kencang dan gelombang tinggi masih bisa menghantui. "Potensi hujan lebat di seluruh Jawa, terutama bagian selatan, masih berlangsung," kata dia.

Akibat cuaca ekstrim saat ini, puluhan ribu nelayan di wilayah Jakarta Utara terpaksa menepikan kapalnya sejak dua pekan terakhir. Mereka rela beralih profesi untuk sementara waktu, menunggu cuaca kembali normal. Akibat kondisi tersebut, Pemerintah DKI Jakarta pun langsung turun tangan dengan memberikan sejumlah bantuan yang diberikan langsung Gubernur Joko Widodo.

JAYADI SUPRIADIN


Anda sedang membaca artikel tentang

Nelayan Diminta Waspadai Puting Beliung

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/01/nelayan-diminta-waspadai-puting-beliung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nelayan Diminta Waspadai Puting Beliung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nelayan Diminta Waspadai Puting Beliung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger