Polisi Siap Bantu Tertibkan Rumah di Pondok Indah

Written By Unknown on Minggu, 24 Februari 2013 | 09.35

Sabtu, 23 Februari 2013 | 22:26 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Resor Jakarta Selatan bersedia terlibat dalam penertiban rumah yang diubah fungsinya menjadi tempat bisnis di Perumahan Pondok Indah Jakarta Selatan. Selain menyalahi tata ruang, tempat bisnis baru di perumahan itu itu berpotensi melahirkan titik macet baru di Ibu Kota seperti halnya kawasan Kemang. Saat konsumen bermobil makin banyak berhenti untuk membeli akan menjadi titik kemacetan baru. "Kalau pemerintah minta, pasti kami bantu," kata juru bicara Polres Jakarta Selatan, Komisaris Aswin, Sabtu, 23 Februari 2013.

Menurut dia, selama ini polisi belum pernah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Selatan berkaitan dengan rencana penegakan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. "Itu kan domainnya pemerintah. Belum pernah ada koordinasi ke kami," ujar Aswin.

Untuk mengantisipasi kemacetan di Perumahan Pondok Indah, kata dia, saban hari personil lalu-lintas ditugaskan di waktu pagi sampai sore mengatur lalu lintas.

Sebelumnya, pelaksana tugas Wali Kota Jakarta Selatan, Syamsudin Noor mengatakan akan menyisir kawasan perumahan Pondok Indah untuk menemukan rumah-rumah yang berubah fungsi menjadi tempat usaha. Dia mengancam akan menyegel apabila menemukan kediaman yang melanggar aturan. "Kalau tidak ada perubahan, kami terpaksa lakukan penyegelan," kata Syamsuddin, Jumat lalu.

Dia mengungkapkan pelanggaran berupa perubahan fungsi permukiman menjadi tempat usaha juga ditemukan di kawasan lain, seperti di Jalan Gunawarman, Senopati, dan sebagian Wolter Monginsidi. Bahkan, sebelumnya, Kepala Dinas Tata Ruang Gamal Sinurat menyebutkan kawasan Jalan Panglima Polim dan Kemang, juga mengalami hal serupa.

Syamsuddin membantah melakukan pembiaran atas alih fungsi rumah tinggal dan kawasan permukiman di wilayahnya itu. "Kami sudah menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sudah ada plang tentang peraturan yang melarang," katanya.

IRFAN ABDUL GANI


Anda sedang membaca artikel tentang

Polisi Siap Bantu Tertibkan Rumah di Pondok Indah

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/02/polisi-siap-bantu-tertibkan-rumah-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polisi Siap Bantu Tertibkan Rumah di Pondok Indah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polisi Siap Bantu Tertibkan Rumah di Pondok Indah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger