Tahun Ini, 200 Anggota Satpol PP Pindah ke Dishub

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 09.35

Minggu, 17 Maret 2013 | 09:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dinas Perhubungan Jakarta meminta agar anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang membantu dinas tidak hanya diperbantukan, tetapi harus menjadi bagian dari Dinas Perhubungan.

"Ada pembicaraan diperbantukan, tetapi nggak bisa seperti itu saja. Karena, tupoksinya beda," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Udar Pristono, Jakarta, Ahad 17 Maret 2013.

Menurut dia, dengan kondisi yang hanya diperbantukan, anggota Satpol PP tidak diizinkan untuk menangkap berbagai pelanggaran. Dia mencontohkan seperti pelanggarann yang dilakukan supir bajaj, kesalahan parkir, dan lainnya. Karenanya, dia meminta agar prioritas dan tugas Satpol PP segera digeser.

Dia mengatakan, untuk mengatasi kemacetan tidak hanya dengan aturan saja, tetapi juga butuh sumber daya manusia yang dapat membuat aturan tersebut berjalan. Untuk itu, dia meminta agar prioritas sejumlah anggota Satpol PP segera diubah sesuai dengan petunjuk Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. "Kemacetan perlu anggota. Jaga jalur busway, parkir, dan lainnya. Saya minta petunjuk Gubernur," katanya.

Sampai saat ini, petugas Dinas Perhubungan yang bertugas di lapangan mencapai 600 anggota. Dengan kondisi ini, dia pesimistis dapat mengamankan kemacetan di seluruh Jakarta. Dia pun meminta bantuan Satpol PP sebanyak 3.000 anggotanya dialihtugaskan sebagai anggota Dinas Perhubungan.

Menurutnya, baru 180 orang Satpol PP yang sudah ditugaskan untuk membantu Dinas Perhubungan. Untuk tahun ini, dia pun tidak berharap 3.000 petugas Satpol PP bisa seluruhnya beralih tugas menjadi petugas Dinas Perhubungan. "Bertahap. Paling ngasihnya satu termin 200 orang," ujar dia.

Meski membutuhkan banyak orang untuk di lapangan, Pristono mengatakan, anggota Satpol PP yang membantu Dinas Perhubungan juga harus diseleksi terlebih dulu. Terutama soal kesehatannya. "Kami menginginkan yang di lapangan itu yang tinggi besar," dia menjelaskan.

Memang, setelah mendapatkan bantuan dari Satpol PP mulai tahun ini, dia mengatakan, tugas Dinas Perhubungan untuk menertibkan lalu lintas Jakarta menjadi lebih baik. Karenanya, dia meminta agar Gubernur Jakarta, Joko Widodo, segera memberikan disposisi agar sisa dari 3000 anggota Satpol PP yang diinginkan Dinas Perhubungan bisa beralih tugas secepatnya. "3000 itu bisa dilaksanakan secara bertahap," katanya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Satpol PP, Sylviana Murni, telah memberikan lampu hijau kepada Dinas Perhubungan untuk mengambil para petugasnya membantu lalu lintas. "Ini bukan soal, karena saya menganggap itu adalah bagian dari kerja sama," kata Sylviana.

Dia mengatakan, Satpol PP akan membantu dinas ataupun lembaga yang ada di DKI untuk melakukan berbagai penertiban. "Kami membantu Dinas Perhubungan, PD Pasar Jaya. Jadi saya enggak merasa kehilangan," ujar dia.

SUTJI DECILYA

Terpopuler:
KPK Sita Enam Bus Milik Djoko Susilo
Hercules Punya Jasa kepada Kopassus
Ini Kata Ahok Soal Jokowi Potensial Jadi Capres
Punya Usaha Perikanan, Kenapa Hercules Memeras? 
Kisah Hercules, Bos Preman dari Tanah Abang
Hercules Pemegang Bintang Setya Lencana Seroja 
Ini Kronologi Penyerangan Kantor Tempo
Hercules, dari Preman hingga Pemimpin Akademi
Ada Tiga Tingkatan Preman di Jakarta 
Ibas Menjawab Tudingan Terima Duit Hambalang


Anda sedang membaca artikel tentang

Tahun Ini, 200 Anggota Satpol PP Pindah ke Dishub

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/03/tahun-ini-200-anggota-satpol-pp-pindah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tahun Ini, 200 Anggota Satpol PP Pindah ke Dishub

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tahun Ini, 200 Anggota Satpol PP Pindah ke Dishub

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger