Kemenhub: Kami Selalu Awasi Jam Terbang Pilot

Written By Unknown on Kamis, 18 April 2013 | 09.35

TEMPO.CO , Jakarta: Jakarta- Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, mengatakan jam terbang pilot selalu diawasi oleh inspektur penerbangan Kementerian Perhubungan. Jika pilot diketahui terbang melalui ambang batas yang ditentukan, pilot akan dilarang terbang.

"Kementerian Perhubungan sudah beberapa kali meng-grounded pilot bila ditemukan melebihi jam terbang. Tetapi untuk 2013 ini belum ada (yang dilarang terbang)," kata Bambang kepada Tempo, Rabu, 17 April 2013.

Bambang mengatakan dalam sehari, seorang pilot maksimal terbang 9 jam dan 30 jam dalam sepekan. Dalam sebulan jam terbang pilot ditetapkan maksimal 110 jam dan maksimal 1050 jam dalam setahun.

Terkait Mahlup Gozali, kapten pilot Lion Air nomor JT 904 yang jatuh di Denpasar akhir pekan lalu, Bambang belum bisa memastikan apakah telah melampaui jam terbang atau tidak. "Saya belum dapat (data jam terbang Gozali). Tetapi yang jelas setiap pilot dicek setiap bulan," kata Bambang.

Setiap bulan Kementerian Perhubungan mengawasi jam terbang pilot. Hasil penghitungan dan pengawasannya keluar setiap tiga bulan. Bambang mengatakan dari hasil evaluasi 2012 terdapat 33 pilot yang dilarang terbang karena kelebihan jam terbang. Jangka waktu larangan terbang bergantung tingkat pelanggaran jam terbang.

BERNADETTE CHRISTINA

Topik Terhangat:
Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga:
EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya

Gayus Tambunan Beli Rumah Dekat Penjara Sukamiskin
VIDEO Bom Meledak di Boston, #prayforboston


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemenhub: Kami Selalu Awasi Jam Terbang Pilot

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/04/kemenhub-kami-selalu-awasi-jam-terbang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemenhub: Kami Selalu Awasi Jam Terbang Pilot

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemenhub: Kami Selalu Awasi Jam Terbang Pilot

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger