Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk Mulai Dilebarkan

Written By Unknown on Kamis, 11 Juli 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah memulai proyek pelebaran Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pelebaran itu dimulai untuk tahap I yang dimulai dari Jalan Panjang hingga Jalan Batu Sari sepanjang 1,5 kilometer.

Pantauan Tempo, pelebaran jalan itu sudah memasukki tahap penggusuran bangunan yang berada di sebelah selatan jalan tersebut. Tapi pengerjaan tersebut baru dimulai sepanjang 50 meter. Sejumlah alat berat milik PT Sinar Mandagul yang memenangkan tender proyek itu sudah mulai meratalan tanah yang bakal dijadikan fondasi jalan. "Prosesnya sudah mulai sejak sepekan yang lalu," kata penanggung jawab proyek, Pangeran Sihite, saat ditemui di lokasi pelebaran, Rabu, 10 Juli 2013.

Pangeran mengatakan, proyek itu rencananya bakal rampung dalam waktu empat bulan. Nantinya lebar jalan tersebut bakal bertambah hingga 7 meter untuk memperlancar arus lalu lintas. "Jadi nanti lebar jalannya akan mencapai 18 meter," kata dia.

Adapun Kepala Seksi Perencanaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Yudi Febriadi mengatakan, pelebaran Jalan Arjuna Selatan bakal dilaksanakan dalam dia tahap. Tahap pertama sepanjang 1,5 meter antara Jalan Panjang hingga Jalan Batu Sari. Sedangkan tahap kedya membentang antara Jalan Batu Sar hingga Jalan Kemanggisan Ilir sepanjang 1 kilometer.

Proyek penguraian kemacetan itu disebut Yudi menghabiskan dana sekitar Rp 6,2 miliar. Selain itu, sekitar 50 pedagang tanaman dan batu hias harus mencari tempat berjualan yang baru karena terkena imbas pelebaran jalan. "Itu kan tanah negara, dan mereka sepakat untuk mengosongkan tempat itu pada Juli 2013," ujarnya.

Adapun untuk tahap kedua, kata Yudi, pemerintah bakal segera melakukan pembebasan lahan. Targetnya, proses pembebasa itu sudah rampung pada akhir tahun ini. "Jadi bia proyek pelebaran itu sesuai target, selesai 2014," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Barat Komisaris Budiyono mengatakan, Jalan Arjuna Selatan adalah sala satu titik jalan terpadat saat jam sibuk. Soalnya, ruas jalan itu mengalami beberapa penyempitan di sejumlah titik. Akibatnya, pengendara harus antri untuk melewati titik penyempitan tersebut. "Jadi mudah-mudahan pelebaran ini bisa memperlancar arus lalu lintas," ujarnya.

DIMAS SIREGAR

Topik terhangat:

Penemu Muda | Capres 2014 | Kabut Asap | Tarif Progresif KRL | Bencana Aceh

Berita lainnya:
Menang 79-0, Klub di Nigeria Dibekukan 
Kronologi Pemerkosaan Wartawati
4 Modus Pembobolan ATM di Indonesia
Inilah 10 Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa


Anda sedang membaca artikel tentang

Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk Mulai Dilebarkan

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/jalan-arjuna-selatan-kebon-jeruk-mulai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk Mulai Dilebarkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk Mulai Dilebarkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger