Ahok: Jam Malam untuk Anak Sulit

Written By Unknown on Jumat, 13 September 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menilai pemberlakuan jam malam untuk anak-anak di ibu kota sulit diterapkan. Wacana ini berkembang setelah kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa anak musisi kondang Ahmad Dhani, Abdul Qodir Jaelani alias Dul, 13 tahun, yang menewaskan enam orang pada Ahad dini hari lalu.

"Saya rasa itu sulit. Makanya harus dikaji dulu. Kami tidak terlalu berani bilang iya," kata Basuki di Balai Kota Jakarta, Kamis 12 September.

Menurutnya, secara logika semestinya anak-anak di bawah umur memang tidak seharusnya keluar tengah malam. Apalagi, anak-anak berkeliaran di jalan raya tanpa ada pengawasan orang tua. Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Lalu Lintas dan Jalan Raya pun sudah ditegaskan bahwa pengguna kendaraan di jalan raya harus memiliki surat izin mengemudi (SIM) dengan syarat usia minimal 17 tahun.

Untuk melindungi anak-anak, menurutnya, cukup dengan kembali lagi ke sistem Rukun Tetangga atau Rukun Warga yang baik. Karena jika sampai aturan jam malam bagi anak-anak dibuat, ia menilai itu tidak efektif. "Banyak peraturan daerah di Jakarta, seperti perda rokok. Tetapi pernah enggak ditegakkan? Makanya mesti realistis," ujar Basuki alias Ahok.

Lalu ia mengatakan, tidak mungkin juga mengerahkan pengamanan seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setiap harinya untuk mengontrol siapa saja anak-anak yang keluar malam. Akan lebih efektif jika pemimpin wilayah yakni Ketua RT dan Ketua RW memantau terus warganya yang keluar pada malam hari.

Lalu bagaimana jika RT dan RW tidak menerapkannya? Bagi Ahok mudah saja. Lurah atau camat bisa memantau kinerja RT dan RW. "Kalau tidak bagus ya dicopot."

Ia pun kembali menekankan bahwa sampai saat ini Pemerintah Jakarta belum berencana menerapkan jam malam bagi anak-anak. Ia juga mengatakan, Gubernur Jakarta Joko Widodo meminta agar hal ini untuk dikaji kembali. Ia tidak ingin peraturan dibuat hanya karena satu insiden yang disebabkan oleh kesalahan orang itu sendiri.

"Saya kira bisa dikontrol di lingkungan perumahan saja. Kalau ada anak-anak yang bermalam di hotel dengan orang tuanya, kenapa enggak boleh," katanya.

Lalu ia melanjutkan, "Yang tidak boleh kan sebenarnya yang membahayakan orang lain seperti membawa kendaraan kebut-kebutan tengah malam. Jadi jangan gara-gara ada kasus anak kecil nabrak itu terus ada jam malam juga."

SUTJI DECILYA

Berita Lain:
Drop Box, Siasat Baru Teroris Penembak Polisi
Polisi Periksa Maia Estianty Pekan Depan
Jaksa Pencuri HP di kantor MK Ini Segera Diperiksa


Anda sedang membaca artikel tentang

Ahok: Jam Malam untuk Anak Sulit

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/09/ahok-jam-malam-untuk-anak-sulit.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ahok: Jam Malam untuk Anak Sulit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ahok: Jam Malam untuk Anak Sulit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger