Pecurian Artefak Ubah Pengamanan di Museum Gajah

Written By Unknown on Sabtu, 21 September 2013 | 09.35

Pengunjung melihat benda-benda koleksi di Museum Gajah di jalan Merdeka Barat, Jakarta, (12/9). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO , Jakarta:Lebih dari sepekan pascahilangnya empat artefak emas, Museum Nasional belum sepenuhnya dibuka untuk umum. Rantai masih dan penjagaan lima petugas menghalangi akses masuk ke gedung lama dari museum yang lebih dikenal sebagai Museum Gajah itu.

Pangguh Pripanto, seorang petugas diantaranya menerangkan bahwa Ruang Kasana yang ada di lantai dua gedung itu masih sering dikunjungi petugas investigasi baik kepolisian ataupun petugas internal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari ruangan itulah sebelumnya, sebanyak empat artefak terbuat dari emas menghilang dicuri orang pada Rabu pekan lalu

Sejak kecurian itu pula, sistem pengamanan diubah di museum itu. Pangguh menjelaskan, petugas keamanan yang jumlahnya 45 orang awalnya dibagi dalam tiga shift jaga dengan jumlah 10 orang di tiap shift-nya. Namun setelah ada pencurian, shift hanya dibagi dua kali dengan jumlah orang di tiap shift-nya mencapai 20 orang. "Ada penambahan personil di tiap shift-nya. Sehingga tiap ruang bisa dijaga petugas lebih banyak," ujar Pangguh, Jumat 20 September 2013.

Pangguh yang juga diperiksa oleh penyidik kepolisian beberapa hari lalu, menerangkan bahwa belum ada pemberitahuan lebih lanjut kapan Museum Nasional akan difungsikan normal kembali. Gedung utama yang berada di utara lingkungan Museum Nasional tidak terpengaruh dengan kejadian hilangnya artefak ini dan tetap dibuka untuk umum.

TUBAGUS RAMADHAN

Terpopuler
'Efek Jokowi' Hanya Terbukti di Twitter? 

Satu Pelaku Penembakan Briptu Ruslan Ditangkap 

Ruhut Sitompul Tuding Jokowi Lupakan Esemka 

Ahok Melunak Soal Mobil Murah Usai Bertemu Wapres


Anda sedang membaca artikel tentang

Pecurian Artefak Ubah Pengamanan di Museum Gajah

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/09/pecurian-artefak-ubah-pengamanan-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pecurian Artefak Ubah Pengamanan di Museum Gajah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pecurian Artefak Ubah Pengamanan di Museum Gajah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger