Selain Jam Belajar, Jokowi Diminta Ketatkan Rayon  

Written By Unknown on Senin, 16 September 2013 | 09.35

Susana belajar bersama anak-anak di lokasi sekolah perempuan untuk ibu-ibu korban konflik di Poso, Tantena, Pamona Pusalemba, Sulawesi tengah, Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia Retno Listyarti mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan membuat kebijakan Jam Wajib Belajar. Namun, ia beranggapan, kebijakan itu harus diikuti dengan pengetatan sistem rayon yang tengah berjalan.

Kebijakan jam wajib belajar adalah peraturan yang melarang siswa keluyuran di jam sekolah. Adapun sistem rayon adalah sistem penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal.

"Sistem rayon efektif juga untuk mengawasi pergerakan anak-anak. Karena dekat rumah, anak-anak jadi gak bisa sembarangan pergi dari sekolah. Hal itu perlu ditingkatkan," ujar Retno, Ahad malam, 15 September 2013.

Retno mengatakan, pengetatan yang ia maksud dalam hal kebijakan pindah Kepala Keluarga pada sistem zonasi. Ia berkata, kebijakan itu banyak diakali siswa di luar daerah untuk masuk ke rayon yang bisa menampung dia.

Apabila suatu zona kebanyakan dipenuhi siswa luar daerah yang mengakali sistem, maka pengawasan siswa tak jadi maksimal. Sebab, tak ada keluarga dekat sekolah yang bisa betul-betul mengawasi.

"Kasih peraturan, untuk pindah KK, minimal harus di KK baru selama dua tahun. Kalau sistem rayon ini sejalan dengan kebijakan jam wajib belajar," ujar Retno menegaskan.

Sebelumnya, Retno mengatakan kebijakan jam wajib belajar ini juga harus memperhatikan sekolah-sekolah yang memiliki dua jam belajar, kelas pagi dan siang.

Kalau kebijakan ini hanya mengacu pada jam sekolah, siswa berseragam di jalan yang hendak menuju kelas siang akan dianggap keluyuran di saat jam sekolah masih berlangsung.

ISTMAN MP

Topik Terhangat:
Penembakan Polisi | Tabrakan Anak Ahmad Dhani | Pencurian Artefak Museum Gajah | Jokowi Capres?

Berita Terpopuler:
Preman Siksa secara Seksual Janda Penjual Kopi 
Cerita Masa Kecil Ahok di Bangka Belitung 
Inul Daratista Pernah Tidur di Kamar Ahok 
Organ Intim Janda Penjual Kopi Diolesi Sambal
MNC: Miss Uzbekistan Sah Mewakili Negaranya  


Anda sedang membaca artikel tentang

Selain Jam Belajar, Jokowi Diminta Ketatkan Rayon  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/09/selain-jam-belajar-jokowi-diminta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Selain Jam Belajar, Jokowi Diminta Ketatkan Rayon  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Selain Jam Belajar, Jokowi Diminta Ketatkan Rayon  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger