Bekasi Juga Akan Terapkan Jam Belajar Malam

Written By Unknown on Jumat, 04 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Bekasi--Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat bakal menerapkan jam wajib belajar malam bagi seluruh pelajar di wilayah setempat. "Pelaksanaannya mungkin awal semester dua tahun ajaran baru ini, sekarang masih pengkajian," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kota Bekasi, Encu Hermana, Kamis 3 Oktober 2013.

Pengkajian itu, kata dia pihaknya sedang memilih salah satu tempat yang bakal menjadi percontohan untuk menerapkan sistem jam wajib belajar malam. Nantinya, seluruh pelajar hingga sekolah tingkat lanjutan atas wajib mengikutinya. "Pengawasan dilakukan bersama, baik masyarakat maupun orang tua, karena belajar malam dilakukan di rumah," ujarnya.

Encu mengatakan, apabila ujicoba di salah satu tempat yang bakal menjadi percontohan itu berhasil, maka akan dilakukan di seluruh wilayah Kota Bekasi. Karena itu, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mendukung program tersebut. "Intinya jam wajib belajar malam, tak ada anak atau pelajar yang bermain di luar. Warga juga harus menegur ketika mendapatinya," ujarnya.

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kota Bekasi, Sardi Effendi menilai program jam wajib belajar malam malah mengekang pelajar itu sendiri. Menurut dia, pemerintah tak usah ikut campur ihwal belajar non formal yang diterapkan di luar sekolah. "Serahkan kepada orang tua pelajar, kalau banyak diatur pelajar malah terkekang," ujarnya.

Sardi mengatakan, program jam wajib belajar malam itu lebih cenderung menjiplak kebijakan dari pemerintah lain. Padahal, program dari Dinas Pendidikan sendiri masih banyak yang belum terselesaikan, sehingga banyak "PR" yang muski dikerjakan. "Kalau persoalannya gara-gara kasus kecelakaan beberapa waktu lalu, yang perlu ditingkatkan itu pendidikan moral dan karakter."

Karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengawasi anak di luar pendidikan formal seperti di rumah, agar anaknya tak sampai melakukan hal-hal negatif di ketika selesai belajar. "Kalau untuk peningkatan kualitas pendidikan dari sekolah sudah cukup dengan penambahan materi di luar jam belajar antara pelajar dan guru."

ADI WARSONO

Terhangat:
Ketua MK Ditangkap | Amerika Shutdown | Pembunuhan Holly Angela

Baca juga:
Sebelum Meninggal, Holly Kirim BBM ke Anaknya
Ini Penjelasan Ahok Atas Curhat Waga Waduk Pluit
Menerawang Karier Jokowi dari Batik
Ini Lima Kejanggalan Kasus Vanny Versi Pengacara


Anda sedang membaca artikel tentang

Bekasi Juga Akan Terapkan Jam Belajar Malam

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/bekasi-juga-akan-terapkan-jam-belajar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bekasi Juga Akan Terapkan Jam Belajar Malam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bekasi Juga Akan Terapkan Jam Belajar Malam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger