Proyek MRT, Ketika Alat Berat Bekerja Senyap  

Written By Unknown on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Tiga alat berat di lokasi proyek pembangunan mass rapid transit (MRP) Sudirman, Jakarta Pusat, belum juga beroperasi. Padahal, matahari sudah menyingsing dan jam menunjukkan pukul 10.15 WIB. "Orang-orang lapangan lagi pada meeting," kata petugas jaga proyek, Yogi, 28 tahun.

Benar saja, sekitar 15 menit kemudian, sejumlah petugas proyek berdatangan ke lokasi. Mereka tiba dengan menggunakan seragam dinas proyek berupa rompi berwarna oranye maupun biru, dan helm. Para petugas yang memakai rompi oranye menuju ke alat pengeruk tanah dan alat derek. Sedangkan yang biru ke alat bor.

Kegiatan proyek pun dimulai. Ketiga alat berat itu lalu menjalankan fungsinya masing-masing. Deru suara yang berasal dari mesin ketiga alat berat tersebut pun terdengar cukup keras. "Tapi sejauh ini belum ada keluhan dari warga sekitar," tutur Yogi. Sebab, Yogi melanjutkan, "Kita bukan pakai alat yang berisik."

Yogi lalu mengangkat tangan kanannya dan menunjuk ke alat bor yang digunakan untuk menggali tanah. Dengan suara lantang lantaran bunyi mesin, Yogi mengatakan alat itu mengebor tanah tanpa menimbulkan kebisingan yang mengganggu warga sekitar. "Tapi ada satu alat bor yang lebih halus lagi."

Setelah peresmian groundbreaking pada Kamis lalu, pengerjaan proyek dilakukan dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Kebisingan dalam proyek, Yogi mengatakan, cuma berasal dari bunyi mesin alat-alat berat. "Hanya bunyi standar dari mesin yang menyala," ucap Yogi. "Toh, ini masih dalam tahap pemancangan saja."

Di seberang lokasi proyek, yang hanya berjarak 4 meter, terdapat hotel All Seasons. Humas hotel bertingkat 12 lantai itu, Gabby, 35 tahun, mengatakan sejauh ini belum ada komplain dari para pengunjung. "Ini kan baru pengerjaan awal. Tapi enggak tahu kalau dua minggu ke depannya nanti," tutur Gabby.

Tak jauh dari hotel, Faizal, 43 tahun, yang sedang membeli nasi goreng juga senada dengan Gabby. Karyawan PT Rekadaya Electrica ini mengatakan, rekan sekantornya belum terganggu dengan kebisingan dari proyek pembangunan MRT. "Ini baru pembukaan lahan groundbreaking. Mungkin suara hanya dari alat," ujarnya.

SINGGIH SOARES

Terhangat:
Ketua MK Ditangkap | Dinasti Banten | Dolly Riwayatmu


Baca juga:

Diduga Terkait Pembunuhan Holly, Gatot Dicekal
Pembunuhan Holly Direncanakan Sejak Agustus
Elriski, Pembunuh Holly, Jatuh Saat Kabur
Kronologi Pembunuhan Holly Angela Versi Polisi


Anda sedang membaca artikel tentang

Proyek MRT, Ketika Alat Berat Bekerja Senyap  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/proyek-mrt-ketika-alat-berat-bekerja.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Proyek MRT, Ketika Alat Berat Bekerja Senyap  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Proyek MRT, Ketika Alat Berat Bekerja Senyap  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger