Setahun Jokowi-Ahok, Pendidikan Banyak Masalah

Written By Unknown on Jumat, 18 Oktober 2013 | 09.35

TEMPO.CO , Jakarta:Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan wakilnya, Basuki Tjahja Purnama, telah memimpin ibukota selama satu tahun. Dalam kurun waktu itu, ternyata masih banyak ditemukan masalah di bidang pendidikan.

Dalam diskusi yang digelar di Lembaga Bantuan Hukum (LBH Jakarta), Salemba Jakarta Pusat, Kamis 17 Oktober 2013, Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) telah melakukan penelitian selama setahun terakhir pada bidang pendidikan di Jakarta. Hasilnya, terdapat tujuh penyimpangan. Ini tiga diantaranya.

Petama, kata Ketua Umum FGMJ, Heru Purnomo, adalah masalah di Program Kartu Jakarta Pintar (KJP). Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, pemberian KJP masih banyak yang salah sasaran. "Ada siswa SMA yang sudah lulus sekolah Juli lalu diberikan kartu ATM dan buku tabungan Bank DKI untuk ambil KJP," tutur Heru.

Kedua adalah penggunan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Menurut Heru, penggunaan dana BOP dan BOS di berbagai sekolah tidak disertai dengan pembentukan Auditor Internal. "Sehingga, ada laporan SMA/SMK Negeri yang masih memungut uang sekolah," ujarnya.

Padahal, Heru melanjutkan, setiap sekolah mendapatkan uang Rp 400 ribu untuk satu siswa. Dalihnya adalah pungutan diperuntukkan untuk biaya kesiswaan dan uang pendingin udara. "Kisaran pungutan Rp 100 - Rp 500 ribu satu anak per bulan," ujarnya. "Sedangkan uang kesiswaan Rp 350 ribu per tahun," Heru menambahkan.

Ketiga, kata Heru, tidak adanya keterbukaan penggunaan dana BOS oleh manajemen sekolah ke para guru maupun orang tua siswa. "Paling banyak laporan dari jenjang SMP, padahal jenjang SD penggunaannya tidak transparan dan banyak keluhan," ucap Heru. Tetapi, dia menambahkan, sejauh ini hanya dua SD yang dilaporkan bermasalah.

SINGGIH SOARES
Berita Terpopuler:
Gatot Supiartono, Karier Moncer Berakhir Tragis?
Dimarahi Ani Yudhoyono, Erie: Sudahlah Tak Penting 
Potensi Kerugian Negara di Banten Rp 1,6 Triliun 
Daryono, Sopir Akil Mochtar, Sengaja Dihilangkan?
Baru Sekali Komentar, Erie Dimarahi Ani Yudhoyono 
Setahun Gubernur: Ini yang Khas dari Jokowi


Anda sedang membaca artikel tentang

Setahun Jokowi-Ahok, Pendidikan Banyak Masalah

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/setahun-jokowi-ahok-pendidikan-banyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Setahun Jokowi-Ahok, Pendidikan Banyak Masalah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Setahun Jokowi-Ahok, Pendidikan Banyak Masalah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger